5 Planet Paling Terang di Bulan November, Bisa Dilihat Mata Telanjang

Kompas.com - 10/11/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi Planet Venus ShutterstockIlustrasi Planet Venus

KOMPAS.com - Bagi Anda yang suka mengamati fenomena langit, November 2020 bisa menjadi bulan yang sangat membahagiakan. Pasalnya, kita berkesempatan untuk mengamati lima planet yang sangat terang.

Berdasarkan keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), lima planet yang dimaksud adalah Merkurius, Venus, Mars serta dua planet gas raksasa Jupiter dan Saturnus.

Peneliti Lapan Andi Pangerang dalam keterangan tertulisnya di Edukasi Sains Lapan mengatakan, kelima planet ini dapat disaksikan sepanjang malam, bahkan tanpa alat bantu optik apapun atau bisa dengan mata telanjang.

Namun, tentunya cuaca di lokasi Anda mengamatinya harus cukup cerah, bebas dari polusi cahaya dan penghalang yang menghalangi medan pandang.

Baca juga: Fenomena Langit November 2020: Ada Asteroid hingga Hujan Meteor Leonid

1. Merkurius

Merkurius adalah planet yang terdekat dengan Matahari, oleh karena itu planet ini tidak mudah untuk dikenali.

"Merkurius hanya dapat terlihat beberapa menit menjelang terbit maupun setelah terbenam Matahari," kata dia.

Jika Anda mengalami kesulitan menemukan planet ini, Anda bisa mencoba mengamatinya langit dengan posisi langit lebih rendah dari Venus atau dapat menggunakan aplikasi planetarium di gawai.

2. Venus

Andi menjelaskan, Venus dijuluki sebagai bintang pagi atau bintang fajar, karena terbit ketika dini hari, tepatnya sekitar pukul 3.30 waktu lokal.

Waktu terbit Venus cenderung terlambat setiap harinya selama beberapa menit.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Kembaran Bulan Bumi di Dekat Planet Mars

"Venus tergolong sebagai planet paling terang jika diamati dari Bumi, bahkan saking terangnya, masih dapat teramati di wilayah yang berpolusi cahaya cukup tinggi seperti perkotaan" ujar Andi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X