Kompas.com - 08/11/2020, 20:02 WIB
Ilustrasi diet vegan. Ilmuwan mengatakan tidak perlu mengadopsi pola makan vegan untuk menyelamatkan Bumi dari perubahan iklim untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. SHUTTERSTOCK/RossHelenIlustrasi diet vegan. Ilmuwan mengatakan tidak perlu mengadopsi pola makan vegan untuk menyelamatkan Bumi dari perubahan iklim untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

KOMPAS.com- Studi baru mengungkapkan bahwa manusia bisa menekan laju perubahan iklim tanpa harus menjadi vegan dan membatasi konsumsi daging.

Sekelompok peneliti dari Amerika Serikat dan Inggris mempublikasikan studi terkait upaya yang bisa dilakukan umat manusia untuk menyelamatkan Bumi dari perubahan iklim yang kian mengancam seluruh makhluk hidup di planet ini.

Dalam jurnal Science yang diterbitkan Kamis (5/11/2020) lalu para ilmuwan mengungkapkan manusia tidak perlu mengadopsi pola makan atau diet vegan untuk menyelamatkan planet ini.

Seperti dikutip dari Deutsche Welle (DW), Minggu (8/11/2020), para ilmuwan menemukan target reduksi emisi gas rumah kaca bisa dicapai tanpa perlu mengorbankan protein hewani yang menjadi asupan konsumsi kita.

Baca juga: Tidak Makan Daging, Bagaimana Vegan Memenuhi Kebutuhan Protein?

Ilmuwan menilai bahwa selama kita bisa mengubah model produksi, konsumsi dan mengurangi pemborosan bahan pangan, serta mengubah cara bercocok tanam, upaya menyelamatkan Bumi tetap bisa dilakukan.

Dalam studi tersebut, para peneliti mempelajari 5 faktor utama sistem makanan dan mengukur jumlah emisi yang bisa dikurangi.

Berdasarkan temuan tersebut, perbaikan parsial pada masing-masing faktor dapat membantu manusia memenuhi target pengurangan emisi, tentunya tanpa perlu melakukan perubahan ekstrim pada sistem makanan.