Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,1 Guncang Mamuju Tengah, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 07/11/2020, 09:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,1 mengguncang wilayah Mamuju Tengah pagi ini pukul 06.41 WIB, Sabtu (7/11/2020).

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan Mw 4,8.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis Msc, dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, episenter gempa bumi terletak pada koodinat 1,98 LS dan 119,33 BT.

Lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 21 kilometer arah Barat Daya Kota Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Sesar Garsela, Pemicu Gempa Bandung dan Garut Semalam

Rahmat mengatakan, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Mamuju (Mamuju Thrust).

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust-fault)," kata dia.

Ada pun getaran daru guncangan gempabumi yang terjadi itu telah dirasakan di berbagai daerah dengan intensitas skala yang bervariasi.

Di daerah Mamuju Tengah, getaran gempa bumi dirasakan dengan skala intensitas II-IV MMI, di mana bila terjadi pada siang hari akan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Baca juga: Gempa Turki, BMKG: Indonesia juga Rawan, 2 Mitigasi Bisa Dilakukan Masyarakat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com