Kompas.com - 05/11/2020, 07:03 WIB
Ilustrasi nasi dikukus. Dok. Shutterstock/kazokaIlustrasi nasi dikukus.

KOMPAS.com - Beras dan versi matangnya yaitu nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Ia muncul hampir setiap kali, bila tidak setiap kali orang Indonesia makan.

Namun, tahukah Anda bahwa nasi berisiko mengandung arsenik, zat beracun yang bisa menyebabkan kanker? Bahkan, beras disebut menyerap 10 kali lebih banyak arsenik inorganik dibandingkan tanaman lain. 

Hal ini dikarenakan cara menanam padi yang harus digenangi air. Metode ini membuatnya lebih mudah menyerap zat-zat karsinogenik di dalam tanah.

Dilansir dari Science Alert, (3/11/2020); sebetulnya ada beberapa cara untuk mengurangi kadar arsenik anorganik dalam beras, seperti mencuci beras sebelum dimasak, atau menggunakan metode memasak yang berbeda. Namun, cara-cara ini juga dapat menurunkan kadar nutrisi dalam beras.

Baca juga: Makan Nasi Putih Tiga Kali Sehari Sebabkan Diabetes Tipe 2, Benarkah?

Nah, sekelompok ilmuwan telah berhasil menemukan cara menanak nasi baru yang bisa menghilangkan arsenik, namun tetap menjaga nutrisinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sebuah studi baru yang dipublikasikan di Science of The Total Environment, tim peneliti yang dipimpin oleh ilmuwan tanah Manoj Menon dari Universitas Sheffield di Inggris menyelidiki berbagai metode memasak nasi yang potensial.

Secara total, mereka meneliti empat proses yang semuanya melibatkan menanak nasi dengan metode absorpsi, baik menggunakan nasi yang tidak dicuci, nasi yang dicuci, nasi yang telah direndam sebelumnya atau nasi yang setengah matang.

Ketika hasilnya dianalisis, mereka menemukan bahwa metode parboiling with absorption (PBA) mengurangi sebagian besar arsenik dari beras, sekaligus mempertahankan nutrisinya.

Baca juga: Cara Masak Nasi Putih yang Lebih Rendah Kalori, Menurut Sains

Untuk mengikuti metode ini, Anda bisa mendidihkan air dengan takaran empat cangkir air tawar untuk setiap cangkir beras mentah. Setelah air mendidih, tambahkan nasi dan biarkan selama 5 menit.

Selanjutnya, buang air yang sekarang telah menyerap sebagian besar arsenik pada beras, dan tambahkan air bersih sebanyak dua cangkir untuk setiap cangkir beras. Terakhir, tutup beras dengan penutup, dan masak dengan api kecil hingga sedang hingga air meresap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.