Vitamin A dan Suhu Dingin Dorong Terapi Baru untuk Obesitas, Kok Bisa?

Kompas.com - 03/11/2020, 19:30 WIB
Ilustrasi vitamin A Shutterstock/Evan LorneIlustrasi vitamin A

KOMPAS.com- Suhu lingkungan yang dingin dapat meningkatkan vitamin A, sehingga semakin merangsang pembakaran lemak dalam tubuh.

Lantas, apa manfaatnya bagi tubuh?

Dalam sebuah studi seperti dikutip dari Science Daily, Selasa (3/11/2020), kadar vitamin A pada manusia dan tikus dalam kondisi suhu lingkungan yang dingin mengalami peningkatan.

Dalam kondisi tersebut membantu mengubah jaringan adiposa putih 'buruk' menjadi jaringan adiposa coklat 'baik' yang dapat merangsang pembakaran lemak dan pembentukan panas dalam tubuh.

Baca juga: Studi Baru Buktikan Manfaat Teh Hijau Obati Lemak Hati pada Obesitas

 

Penelitian tersebut dilakukan oleh tim peneliti yang dikepalai oleh Florian Kiefer dari Divisi Endokrinologi dan Metabolisme MedUni Vienna.

Studi yang telah dipublikasikan di jurnal Molecular Metabolism ini menjelaskan bahwa ada "transformasi lemak" yang disertai dengan peningkatan konsumsi energi, hal ini dianggap sebagai pendekatan yang menjanjikan untuk pengembangan terapi baru untuk obesitas. 

Setidaknya dua jenis lemak yang dapat dilihat pada manusia dan mamalia, yakni jaringan adiposa putih dan coklat. Selama perkembangan obesitas, kelebihan kalori biasanya akan disimpan dalam lemak putih.

Baca juga: Ke Mana Perginya Lemak yang Terbakar Saat Olahraga?

 

Sebaliknya, lemak coklat akan membakar energi dan karenanya menghasilkan panas. Lebih dari 90 persen timbunan lemak tubuh pada manusia berwarna putih, biasanya terletak di perut bagian bawah dan paha atas.

Dengan mengubah lemak putih menjadi lemak coklat bisa menjadi pilihan terapi baru untuk melawan penambahan berat badan dan obesitas.

Studi yang dilakukan sekelompok peneliti ini menunjukkan bahwa penggunaan dingin secara moderat dapat meningkatkan kadar vitamin A dan pengangkut darahnya, protein pengikat retinol, pada manusia dan tikus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X