Penyakit Mudah Menyebar di Bioskop, Begini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 01/11/2020, 13:04 WIB
Petugas memeriksa tempat duduk di salah satu studio bioskop di Jakarta, Rabu (21/10/2020). Sejumlah bioskop di Ibu kota kembali beroperasi setelah mendapatkan izin dari Pemprov DKI Jakarta dengan jumlah penonton dibatasi maksimal 25 persen dari total kapasitas. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATPetugas memeriksa tempat duduk di salah satu studio bioskop di Jakarta, Rabu (21/10/2020). Sejumlah bioskop di Ibu kota kembali beroperasi setelah mendapatkan izin dari Pemprov DKI Jakarta dengan jumlah penonton dibatasi maksimal 25 persen dari total kapasitas.

KOMPAS.com - Jaringan bioskop di Jakarta telah memperoleh izin untuk kembali beroperasi mulai Rabu (21/10/2020).

Saat ini, pemerintah hanya memperbolehkan bioskop menampung kapasitas penonton maksimal 25 persen.

Namun seperti kita tahu, ruangan bioskop tertutup rapat dan minim cahaya.

Lantas, bagaimana caranya agar udara di dalam bioskop terjaga kebersihannya?

Baca juga: Bioskop Dibuka Bisa Tingkatkan Imunitas, Ahli Sebut Tak Ada Hubungannya

Hermawan Saputra, ahli kesehatan masyarakat dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mengatakan, kebanyakan bioskop di Indonesia tidak memiliki gedung sendiri tapi berada di dalam mal dan terhalang berlapis-lapis ruangan dan dinding.

"Hal ini menyebabkan ruangan biosop sulit mendapat sirkulasi udara yang baik," kata dokter Hermawan dalam acara Philips Air Regional Campaign yang dilakukan daring pada Selasa (27/10/2020).

Karena aliran udara tidak cukup baik, Hermawan mengingatkan bagi masyarakat yang ingin menonton film di bioskop untuk wajib mengikuti protokol kesehatan.

Gunakan masker, lakukan social distancing, dan menjaga diri dengan baik.

"Selain itu, untuk bioskop, perlu ada sistem pembelian tiket baru yang tidak memerlukan kontak langsung dengan orang lain karena bisa menjadi sumber penyebaran virus. Sebagai solusi, digital ticketing dengan menggunakan barcode dapat digunakan," sarannya.

Penyebaran penyakit di bioskop

Bioskop memiliki ruangan tertutup rapat, dengan suhu ruangan yang cukup rendah antara 15-20 derajat Celsius.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X