Seri Baru Jadi Ortu: Cara Mengatasi Anak Sering Tidur Larut Malam

Kompas.com - 01/11/2020, 12:05 WIB
Ilustrasi tidur. ThinkstockphotosIlustrasi tidur.

KOMPAS.com - Dalam kehidupan anak-anak, tidur sama pentingnya seperti makan dan minum. Karena itu, kualitas tidur yang baik sangat dibutuhkan setiap anak untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

Berdasarkan sebuah penelitian di Inggris, terbiasa tidur larut malam dapat menumpulkan kemampuan berpikir anak, terbukti dari nilai membaca dan nilai matematika yang lebih rendah jika dibandingkan dengan anak yang memiliki jam tidur teratur dan tidur sebelum pukul 21.00 WIB.

Hal tersebut karena, kurang tidur dapat mengganggu ritme tubuh alami dan merusak kemampuan otak mempelajari informasi baru.

Baca juga: Kenapa Anak Kecil dan Hewan Tidur Lebih Lama? Ahli Temukan Jawabannya

Menurut dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, setiap kelompok usia anak memiliki kebutuhan waktu tidur harian yang berbeda. Dengan bertambahnya usia anak, kebutuhan waktu tidurnya pun akan berkurang:

- Bayi baru lahir hingga usia 3 bulan menghabiskan 14-17 jam waktunya untuk tidur

- Bayi berusia 4-11 bulan butuh 12-16 jam per hari untuk tidur

- Batita (anak berusia di bawah 3 tahun) umumnya butuh 11-13 jam untuk tidur

- Anak berusia 3-5 tahun butuh sekitar 10-13 jam waktu tidur setiap harinya

- Anak yang lebih besar membutuhkan 9-12 jam untuk tidur setiap harinya.

“Untuk balita, sangatlah baik apabila mereka dapat mulai diajak tidur sejak jam 19.30 atau 20.00 setiap malam, karena anak yang tidur sebelum jam 21.00 pada umumnya akan lebih mudah tertidur serta lebih jarang terbangun pada malam hari,” kata Cynthia.

Baca juga: Kenapa Saat Tidur Kita Tidak Bisa Mendengar Suara?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X