Penemuan yang Mengubah Dunia: Sejarah Termometer Hingga Manfaatnya di Masa Pandemi Covid-19

Kompas.com - 28/10/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi termometer. Sejarah termometer awal berkembang sejak zaman Yunani, hingga ditemukannya konsep termometer modern oleh Galileo Galilei. SHUTTERSTOCK/BerkeIlustrasi termometer. Sejarah termometer awal berkembang sejak zaman Yunani, hingga ditemukannya konsep termometer modern oleh Galileo Galilei.


KOMPAS.com - Termometer adalah alat pengukur suhu, yang tentunya saat ini menjadi sangat penting semenjak adanya pandemi Covid-19.

Sejak pandemi ini merebak, deteksi awal dugaan infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus corona jenis baru, dilakukan salah satunya dengan deteksi suhu tubuh dengan termometer.

Kata termometer awalnya berasal dari bahasa Yunani, thermos yang berarti 'panas' dan metron yang berarti 'ukur'.

Suhu merupakan representasi numerik dari panas atau dingin, dibandingkan dengan garis pangkal, biasanya titik di mana air membeku dan mendidih.

Baca juga: Salah Kaprah Isu Thermo Gun, Ini Beda Inframerah dan Laser pada Termometer

 

Dalam meteorologi, seperti dikutip dari Live Science, Rabu (28/10/2020), suhu mengukur kandungan panas atmosfer, sedangkan pada kebanyakan kasus, suhu mengukur seberapa banyak panas yang ada dalam entitas tertentu dalam cairan, seperti air, atau padatan, seperti tanah. 

Lantas, bagaimana sejarah termometer ini berkembang?

Seorang ilmuan dan dokter Yunani bernama Galen melakukan pengukuran suhu yang pertama pada 170 M. Ia mendokumentasikan suhu 'netral' standar dari air yang mendidih dan es. Selanjutnya, menambahkan masing-masing empat derajat di kedua sisi suhu netral.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Bukan Sebagai Pengobatan Kanker, Kemoterapi Dulu untuk ini...

 

Konsep awal dari pengukuran suhu yang cukup baru, yakni dikenal dengan termoskop, yakni  termometer tanpa skala dan merupakan pendahulu termometer modern.

Sekitar tahun 1593, ada banyak penemu yang mulai mengerjakan dan mengembangkan termoskop. Akan tetapi, nama Galileo Galilei yang lebih dikenal sebagai penemu termometer yang hingga hari ini menjadi cikal bakal pengembangan termometer di dunia.

Berkembangnya termometer suhu tubuh

Galileo adalah seorang penemu yang berasal dari Italia, dia juga dikenal turut mengembangkan teleskop, meski bukan orang yang menemukan teleskop pertama kalinya.

Termoskop dapat menunjukkan perbedaan suhu yang memungkinkan pengamat untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang semakin panas atau dingin. Namun, termoskop tidak dapat memberikan suhu yang tepat dalam derajat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X