Ilmuwan Inggris Teliti Jejak Virus Corona Covid-19 di Saluran Limbah

Kompas.com - 25/10/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi corona virus (Covid-19) shutterstockIlustrasi corona virus (Covid-19)

KOMPAS.com - Sekitar sembilan puluh pengolahan limbah di Inggris, Wales, dan Skotlandia akan menguji jejak Covid-19 di saluran limbahnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sistem peringatan dini guna mendeteksi wabah lokal sebelum akhirnya penyakit itu menyebar lebih luas.

Awal tahun ini, para ilmuwan menemukan bahwa fragmen dari materi genetik virus ini bisa dideteksi pada kotoran manusia.

Dan yang terpenting, dapat dideteksi bahkan ketika hanya ada kasus Covid-19 tanpa gejala di masyarakat.

Baca juga: Mungkinkah Virus Corona Covid-19 Menular Lewat Makanan Beku?

Proyek tersebut merupakan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah, bersama dengan institusi akademik dan perusahaan air minum.

Profesor Davey Jones, pakar ilmu tanah dan lingkungan di Universitas Bangor, adalah salah satu peneliti yang terlibat dalam proyek ini.

Dia mengatakan: "Kami telah memantau virus seperti norovirus dan hepatitis di kotoran manusia selama dekade terakhir. Kami menambahkan Covid-19 ke daftar pada Maret tahun ini."

Timnya menemukan bahwa tingkat virus dalam air limbah melacak keberhasilan langkah karantina wilayah selama gelombang pertama pandemi virus corona di Inggris.

Limbah dari tempat-tempat seperti pengolahan limbah Beckton Sewage di London Timur, akan diuji empat kali seminggu mulai sekarang.

Hasil analisis kemudian akan dibagikan dengan sistem uji dan penelusuran di Inggris, Wales, dan Skotlandia - membantu mereka fokus pada komunitas tertentu untuk perhatian ekstra, serta memberi informasi kepada layanan kesehatan lokal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X