Mencegah Osteoporosis Itu Mudah, Ingat 3S untuk Perempuan Indonesia

Kompas.com - 22/10/2020, 20:06 WIB
Ilustrasi tulang belakang janullaIlustrasi tulang belakang

KOMPAS.comOsteoporosis adalah kondisi ketika tulang pada tubuh manusia sudah mulai rapuh. Biasanya, kondisi ini baru disadari ketika telah mengalami patah tulang.

Baik pria maupun wanita sama-sama berisiko mengalami osteoporosis, tetapi kondisi ini memang lebih sering terjadi pada wanita.

Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) telah memperkirakan bahwa ada sekitar 41,8% pria Indonesia dan 90% wanita Indonesia yang telah mengalami osteopenik. Osteopenik adalah kondisi penurunan kepadatan mineral pada tulang.

Hal ini disampaikan oleh Prof Dr dr Saptawati Bardosono dari Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM dalam webinar yang diadakan oleh CDR, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: 5 Tips Mudah agar Tulang Sehat dan Tidak Kena Osteoporosis

"Perbandingan osteoporosis adalah satu dari tiga perempuan dan satu dari lima laki-laki yang menderita osteoporosis," tutur Saptawati.

Kesehatan tulang bergantung pada kepadatannya.

Nah, pada perempuan kepadatan tulang akan menurun pada saat hamil dan menyusui. Selain itu, penurunan kadar hormon esterogen saat sudah memasuki masa menopause juga meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

Hal ini tentunya perlu dicegah dan ditangani dengan baik agar tidak berpengaruh pada kualitas hidup perempuan. 

"Memiliki tulang yang sehat dan kuat akan membantu perempuan dalam menjaga kualitas hidupnya baik saat ini maupun di masa depan," tutur Kinshuk Kunwar, Direktur PT Bayer Indonesia dan Country Head Consumer Health.

Baca juga: Hari Osteoporosis Sedunia, Bagaimana Cara Mencegah Tulang Rapuh dan Patah?

Maka dari itu, diperlukan 3S untuk perempuan yang masih muda untuk mencegah osteoporosis. 3S adalah singkatan dari "Saatnya memulai dari dini", "Sediakan nutrisi yang cukup dan menerapkan pola hidup yang sehat" dan "Suplementasi dengan vitamin D dan kalsium".

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X