Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Corona Ditargetkan November, Ini 5 Rekomendasi PB IDI

Kompas.com - 22/10/2020, 17:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Vaksinasi corona di Indonesia direncanakan akan segera diberikan kepada masyarakat pada bulan November 2020 mendatang.

Dalam persiapan pemberian vaksin Covid-19 ini, pemerintah Indonesia tengah melakukan tahap finalisasi pembelian tiga vaksin corona dari beberapa perusahaan vaksin di China.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menyebutkan ketiga vaksin China tersebut di antaranya adalah Sinovac, Sinopharm dan CanSino, yang telah menyelesaikan uji klinis fase 3 di sejumlah negara.

"Bahkan, vaksin ini sudah digunakan di negara asalnya," kata Yuri dalam jumpa pers daring yang ditayangkan Kompas. TV, Senin (19/10/2020).

Baca juga: Vaksinasi November, Uji Klinis Vaksin Covid-19 Tetap Sesuai Jadwal

 

Disebutkan pula ketersediaan vaksin Covid-19 pada bulan November-Desember 2020 mendatang hanya sekitar 9,1 juta vaksin saja.

Sementara, kebutuhan target pemberian vaksin untuk menciptakan herd imunity atau kekebalan kelompok penduduk Indonesia ada sekitar 320 juta vaksin.

Dalam persoalan pemberian vaksin ini, Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prof Dr dr Zubairi Djoerban SpPD(K) angkat bicara.

 

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Sebelum Vaksinasi, Plasma Darah Senjata Melawan Pandemi sejak 1880-an

 

Zubairi menjelaskan, sehubungan dengan adanya rencana program vaksinasi Covid-19, PB IDI menyampaikan sikap mengapresiasi dan mendukung upaya-upaya pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Kami mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas upaya penyediaan vaksin serta pemberian prioritas bagi tenaga medis untuk dapat divaksinasi sesuai ketentuan yang ada," ujarnya.

Namun, kata dia, agar program vaksinasi corona ini dapat berjalan lancar dan memperoleh hasil yang optimal, maka ada setidaknya 5 rekomendasi yang diberikan oleh PB IDI. Di antaranya sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com