Bioskop Buka, 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Nonton di Tengah Pandemi

Kompas.com - 22/10/2020, 10:05 WIB
Penonton Bioskop XXI duduk berjaga jarak saat pemeriksaan kesiapan bioskop beroperasi kembali di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Pemprov DKI Jakarta akan membuka bioskop di Jakarta untuk beroperasi kembali dengan protokol kesehatan yang ketat. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APenonton Bioskop XXI duduk berjaga jarak saat pemeriksaan kesiapan bioskop beroperasi kembali di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Pemprov DKI Jakarta akan membuka bioskop di Jakarta untuk beroperasi kembali dengan protokol kesehatan yang ketat.

KOMPAS.com - Bagi mereka yang rindu akan hiburan, tentu menyambut dengan sukacita dibukanya kembali bioskop CGV. Di sisi lain, sebagian orang merasa khawatir dengan risiko munculnya klaster baru virus corona dari bioskop.

Untuk meminimalisir penyebaran virus corona di bioskop, pakar epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan hal pertama yang harus dilakukan sebelum pergi ke bioskop adalah memeriksa kondisi kesehatan diri sendiri.

“Kalau sakit, jangan pernah pergi ke bioskop. Sakit apapun, meski itu hanya pegal-pegal, lebih baik tinggal di rumah. Kita enggak tahu kan, kalau ternyata terinfeksi (virus corona) atau daya tahan tubuh sedang menurun sehingga berisiko mudah terinfeksi,” ujar Diky pada Kompas.com (21/10/2020).

Baca juga: Selain Indonesia Negara-negara Ini Izinkan Bioskop Dibuka, Bagaimana Protokolnya?

Kedua, jika kondisi tubuh sehat, pilih lokasi bioskop yang jaraknya paling dekat dengan rumah. Pembatasan ini akan membantu memudahkan proses skrining di kemudian hari, jika diperlukan.

“Setidaknya jarak rumah ke bioskop antara 5 km sampai 10 km. Tapi, jangan juga janjian menonton bioskop dengan teman yang rumahnya di luar wilayah. Usahakan pergi dengan orang yang berada di satu lingkungan.”

Ketiga, Dicky menekankan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Ia mengingatkan untuk tidak makan dan minum di area bioskop, juga tidak melepas masker sama sekali selama di bioskop.

“Hati-hati saat menonton film, jangan pernah melepaskan masker, karena ketika menonton film lucu dan seisi bioskop semua tertawa, tentu sangat berisiko terjadi penyebaran virus corona,” jelasnya.

Terakhir, Dicky juga mengingatkan untuk tak menyentuh benda-benda di area bioskop, termasuk kursi, serta menghindari duduk di bangku loby bioskop, yang cenderung ramai.

Baca juga: Bioskop Dibuka Bisa Tingkatkan Imunitas, Ahli Sebut Tak Ada Hubungannya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X