Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2020, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Para ilmuwan di Inggris berencana menginfeksi orang sehat dengan virus SARS-CoV-2 untuk mempelajari infeksi Covid-19.

Hal itu disampaikan para peneliti yang tergabung dalam Human Challange Programme yang mencakup ilmuwan dari Imperial College London.

Dengan mempelajari infeksi virus corona baru, SARS-CoV-2 ini, studi tersebut dapat membantu mengurangi penyebaran virus penyebab Covid-19, mengurangi dampaknya, dan mengurangi angka kematian yang diakibatkannya.

Seperti dikutipScience Alert, Rabu (21/10/2020), peneliti mengeklaim bahwa program penelitian ini yang pertama kalinya dilakukan.

Baca juga: Mutasi Diam SARS-CoV-2, Mungkin Penyebab Virus Corona Sulit Dihentikan

 

Dalam tahap pertama proyek tersebut, kemungkinan akan memeriksa sukarelawan sehat dan menginfeksi mereka dengan virus SARS-CoV-2.

Orang sehat yang direkrut berusia antara 18-30 tahun, tanpa kondisi kesehatan yang mendasari atau memiliki penyakit bawaan (komorbid), seperti penyakit jantung, diabetes, atau obesitas.

"Pada fase awal ini, tujuannya adalah untuk menemukan jumlah virus terkecil yang diperlukan untuk menyebabkan seseorang mengembangkan Covid-19," menurut Imperial College dalam sebuah pernyataan.

Peter Openhaw, seorang profesor kedokteran eksperimental di Imperial College, mengatakan, relawan akan terpapar atau terinfeksi virus tersebut melalui hidung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com