Ilmuwan Akan Infeksikan Virus SARS-CoV-2 pada Orang Sehat, Kenapa?

Kompas.com - 21/10/2020, 17:02 WIB


KOMPAS.com - Para ilmuwan di Inggris berencana menginfeksi orang sehat dengan virus SARS-CoV-2 untuk mempelajari infeksi Covid-19.

Hal itu disampaikan para peneliti yang tergabung dalam Human Challange Programme yang mencakup ilmuwan dari Imperial College London.

Dengan mempelajari infeksi virus corona baru, SARS-CoV-2 ini, studi tersebut dapat membantu mengurangi penyebaran virus penyebab Covid-19, mengurangi dampaknya, dan mengurangi angka kematian yang diakibatkannya.

Seperti dikutipScience Alert, Rabu (21/10/2020), peneliti mengeklaim bahwa program penelitian ini yang pertama kalinya dilakukan.

Baca juga: Mutasi Diam SARS-CoV-2, Mungkin Penyebab Virus Corona Sulit Dihentikan

 

Dalam tahap pertama proyek tersebut, kemungkinan akan memeriksa sukarelawan sehat dan menginfeksi mereka dengan virus SARS-CoV-2.

Orang sehat yang direkrut berusia antara 18-30 tahun, tanpa kondisi kesehatan yang mendasari atau memiliki penyakit bawaan (komorbid), seperti penyakit jantung, diabetes, atau obesitas.

"Pada fase awal ini, tujuannya adalah untuk menemukan jumlah virus terkecil yang diperlukan untuk menyebabkan seseorang mengembangkan Covid-19," menurut Imperial College dalam sebuah pernyataan.

Peter Openhaw, seorang profesor kedokteran eksperimental di Imperial College, mengatakan, relawan akan terpapar atau terinfeksi virus tersebut melalui hidung.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.