Kompas.com - 20/10/2020, 12:10 WIB
dr. Rachmawati, Sp.B (K) Onk 
Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Onkologi
RS Pondok Indah ? Pondok Indah 
RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya RS Pondok Indahdr. Rachmawati, Sp.B (K) Onk Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Onkologi RS Pondok Indah ? Pondok Indah RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

KOMPAS.com - Benjolan yang hilang timbul, terutama di lokasi yang sama dan terkadang terasa nyeri, patut dipertanyakan penyebabnya. Hal inilah yang dialami oleh seorang pembaca Kompas.com bernama Jesi yang mengirimkan pertanyaannya ke Halo Prof!:

"Mau tanya Prof, ketiak saya kalau pas lagi sebelum-saat-sesudah haid suka sakit, kadang ada benjolan, tapi nanti hilang timbul begitu.

Seperti kemarin pas haid sudah mulas, terasa tidak enak ketiak, tapi tidak ada benjolan dan tidak sakit. Hanya tidak nyaman saja. Kalau sekarang sudah tidak haid baru terasa lumayan sakit, sama seperti mau ada benjolan lagi. Apa ini pertanda kanker?"

Pertanyaan tersebut dijawab oleh dr. Rachmawati, Sp.B (K) Onk, Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Onkologi di RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Baca juga: Waspadai, Benjolan di Ketiak Saat Haid Bisa Jadi Kanker Payudara

Halo Ibu Jesi,

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adanya rasa sakit dan terkadang benjolan di area ketiak sebelum, saat, dan sesudah haid adalah keadaan hormonal, karena kelenjar payudara juga ada di ketiak. Perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai posisi benjolan dan melakukan beberapa pemeriksaan lainnya untuk mengetahui penyebab benjolan di ketiak.

Namun, berikut sedikit penjelasan mengenai masalah benjolan di ketiak.

Pembesaran kelenjar di area ketiak tanpa sebab yang jelas menjadi suatu dilema. Benjolan di ketiak sering terjadi, kebanyakan adalah normal dan tidak mengganggu. Namun, ada beberapa yang harus dievaluasi dengan seksama.

Beberapa penyebab benjolan di ketiak bisa dibagi menjadi dua:

Pertama, benjolan non-kanker seperti pertumbuhan jaringan tambahan payudara yang sering dikenal dengan mamma aberans, kista atau kantong terisi cairan, reaksi alergi terhadap deodoran, antiperspirant, atau sabun, infeksi virus atau bakteri dari organ yang bermuara ke ketiak (dari lengan, dinding dada, dan payudara), penyakit cat-scratch, implan silikon, dan bruselosis.

Baca juga: Ini Alasan Periksa Payudara Sendiri Penting untuk Cegah Kanker

 

Kedua, penyebab benjolan di ketiak dari kanker yang dapat berupa limfoma, kanker payudara, dan melanoma.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum benjolan di ketiak:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.