Kompas.com - 19/10/2020, 19:02 WIB
Calon vaksin corona Covid-19 buatan Sinovac Biotech dipamerkan di China International Fair for Trade in Services (CIFTIS) di Beijing, Minggu (6/9/2020). AFP/NOEL CELISCalon vaksin corona Covid-19 buatan Sinovac Biotech dipamerkan di China International Fair for Trade in Services (CIFTIS) di Beijing, Minggu (6/9/2020).


KOMPAS.com- Tiga vaksin corona asal China, Sinovac, Sinopharm dan CanSino disebut telah menyelesaikan uji klinis fase 3.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto, seperti diberitakan Kompas.com, Senin (19/10/2020).

"Tim sudah bertemu produsen-produsen vaksin yang sudah selesaikan uji klinis tahap ketiga dan bahkan vaksin ini telah digunakan di negara asalnya," kata Yuri dalam jumpa pers daring yang ditayangkan Kompas TV.

Yuri mengatakan, "Tujuannya sama, yakni ingin memperoleh vaksin yang digunakan secara aman untuk penduduk kita. Aman dalam hal perspektif manfaat terhadap pencegahan sakit akibat Covid-19," lanjutnya.

Baca juga: Vaksin Tersedia November, Berapa Kebutuhan Vaksin Corona di Indonesia?

Selain itu, pemerintah juga memastikan ketiga vaksin aman dari sisi kehalalannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Yuri menjelaskan bahwa ketiga vaksin corona produksi China juga telah menyelesaikan uji klinis di sejumlah negara.

Sinovac telah menyelesaikan uji klinis di Brazil dan China. Sementara di Indonesia, Yuri mengatakan vaksin ini akan selesai uji klinis pada Desember mendatang.

Sedangkan Sinopharm, telah menyelesaikan uji klinis fase 3 di China, Uni Emirat Arab (UEA) dan Turki. Bahkan, di UEA, vaksin ini telah mengantongi hasil uji kehalalan. 

Menanggapi hal ini, ahli biologi molekuler Indonesia Ahmad Utomo mengatakan saat ini pemahaman masyarakat tentang uji klinis vaksin untuk melawan Covid-19 telah cukup baik.

Kendati demikian, secara logika apabila uji klinis vaksin virus corona belum diselesaikan, masyarakat menilai vaksin pasti belum bisa digunakan.

"Inilah yang harus dapat dijelaskan oleh pemerintah. Mengapa uji klinis (fase 3) belum selesai, tetapi vaksin harus digunakan," kata Ahmad saat dihubungi Kompas.com.

Perlu digarisbawahi, bahwa apa ukuran penyelesaian uji klinis vaksin corona fase 3 yang dimaksudkan terhadap ketiga vaksin corona di sejumlah negara.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.