Jangan Takut Kotor, Main di Alam Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Kompas.com - 19/10/2020, 11:05 WIB
Ilustrasi anak bermain Hakase_Ilustrasi anak bermain

KOMPAS.com - Sebagian ibu mungkin terlalu menjaga kebersihan lingkungan anaknya, bahkan enggan melihat anaknya bermain kotor.

Tapi tahukah Anda, membiarkan anak lebih sering bermain tanah di alam terbukti membuat anak lebih sehat?

Sebab itu, mulai sekarang cobalah lebih sering mengalihkan tempat bermain anak, dari lantai yang licin dan bersih ke alam bebas yang penuh rumput, batu, tanah, dan tanaman.

Melansir IFL Science (16/10/2020), penelitian baru menunjukkan bahwa sistem kekebalan anak-anak yang tinggal di kota bisa meningkat lebih baik hanya dalam waktu sebulan, hanya dengan menghabiskan lebih banyak waktu bermain di alam bebas.

Baca juga: Kenapa Anak Kecil dan Hewan Tidur Lebih Lama? Ahli Temukan Jawabannya

Temuan penelitian ini dikumpulkan dari uji coba yang dilakukan di Finlandia oleh Universitas Helsinki.

Seperti yang dilaporkan dalam jurnal Science Advances, para peneliti mempelajari 75 anak berusia antara 3 hingga 5 tahun di 10 pusat penitipan anak di dua kota di Finlandia, yaitu Lahti dan Tampere.

Para peneliti melihat bagaimana perubahan dalam lingkungan bermain mereka, mengubah kulit dan mikrobiota usus, yang mana ini sebagai penanda kekebalan dalam darah mereka.

Empat dari pusat penitipan anak diberi perombakan yang mengubah taman bermain kerikil mereka menjadi lapangan berlantai tanah dan rumput, bagaikan hutan.

Sebagai kontrol, tiga pusat penitipan anak sudah memiliki pengaturan ini dan tiga lainnya mempertahankan taman bermain lama mereka.

Satu bulan setelah perubahan, para ilmuwan mengumpulkan sampel kulit, darah, dan kotoran dari semua anak.

Meski hanya beberapa minggu berlalu, para peneliti mencatat perbedaan yang dramatis. Mikrobiota anak-anak di pusat penitipan anak yang telah direnovasi dengan cepat berubah menjadi lebih seperti mikrobioma anak-anak yang ada di pusat penitipan anak berorientasi alam.

Baca juga: Kesehatan Anak Terancam saat Pandemi, Pemerintah Diminta Fokus Faskes

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X