Kompas.com - 18/10/2020, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 masih menjadi musuh dunia yang belum ada vaksinnya hingga kini.

Tetapi, sejauh ini sudah ada obat yang efektif untuk virus corona, yaitu dexamethasone.

"Saat ini bisa dikatakan bahwa dexamethasone adalah obat yang terbukti paling efektif melawan virus corona baru pada kondisi pasien yang parah," tutur kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat, (16/10/2020).

Dilansir dari AA, Jumat, (16/10/2020), Dexamethasone selama ini telah digunakan dalam pengobatan berbagai kondisi, termasuk masalah rematik, berbagai kondisi kulit, alergi parah, asma, penyakit paru obstruktif kronik, croup - infeksi pernapasan pada anak, pembengkakan otak, dan sakit mata setelah operasi mata.

Dexamethasone juga digunakan dengan antibiotik pada kasus tuberkulosis.

Baca juga: Mimpi Pendiri Dexa Sediakan Obat Kanker Limfoma Produksi Lokal

Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus yang selalu berbicara kepada wartawan di webinar dua kali seminggu dari Jenewa, mengungkapkan hasil sementara Uji Coba Terapi Solidaritas WHO dan merujuk pada influenza, yang dapat diatasi dengan menggunakan beberapa metode yang sama seperti yang digunakan untuk melawan Covid-19.

Tedros memperingatkan, bahwa permintaan vaksin influenza mungkin akan melebihi pasokan di beberapa negara, terutama di belahan bumi utara, saat musim dingin tiba.

Kelompok Penasihat Strategis Ahli Imunisasi telah merekomendasikan, kelompok prioritas tertinggi untuk vaksinasi influenza selama pandemi Covid-19 adalah kelompok tinggi risiko, seperti petugas kesehatan dan lansia.

"Setiap tahun, ada hingga 3,5 juta kasus influenza musiman yang parah di seluruh dunia, dan hingga 650.000 kematian terkait pernapasan," tutur Tedros.

Selama musim dingin di belahan bumi selatan tahun ini, jumlah kasus flu musiman dan kematian lebih sedikit dari biasanya, karena tindakan yang diambil untuk mengatasi Covid-19.

"Tapi, kami tidak bisa berasumsi bahwa hal yang sama akan terjadi saat musim flu di belahan bumi utara," kata kepala WHO.

Baca juga: Donald Trump Positif Covid-19 Diberi Dexamethasone, Obat Apa Itu?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber AA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.