Sembari Menanti Vaksin Covid-19, Kenapa Orang Dewasa Perlu Imunisasi Influenza dan PCV?

Kompas.com - 16/10/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi vaksin influenza. Orang dewasa perlu mendapat imunisasi influenza, sebelum vaksin Covid-19 dipastikan dapat digunakan untuk melawan pandemi virus corona SARS-CoV-2. SHUTTERSTOCK/TashatuvangoIlustrasi vaksin influenza. Orang dewasa perlu mendapat imunisasi influenza, sebelum vaksin Covid-19 dipastikan dapat digunakan untuk melawan pandemi virus corona SARS-CoV-2.


KOMPAS.com- Sembari menantikan vaksin Covid-19 untuk melawan virus corona baru, SARS-CoV-2, ahli menyarankan agar orang dewasa dan lanjut usia melakukan beberapa vaksinasi atau imunisasi lainnya terlebih dahulu.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog, Dr Dirga Sakti Rambe MSc SpPD. 

"Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara sepisifik menyebutkan, terutama kepada orang dewasa, selama pandemi sebaiknya mendapatkan vaksinasi influenza dan pneumonia atau PCV," kata  Dirga dalam acara forum dialog kabar bertajuk Mengapa Vaksin Penting? Perlukan untuk Orang Dewasa? di Media Center KPCPEN, Kamis (15/10/2020).

Seperti diketahui, sedari awal kehadiran Covid-19 ini di China pada November 2019 lalu, virus SARS-Cov-2 memiliki kecenderungan untuk menginfeksi saluran pernapasan.

Baca juga: Masih Tak Percaya Vaksinasi Penting? Ini 3 Manfaat Imunisasi

 

Oleh sebab itu, diawal kemunculannya penyakit pandemi baru ini disebut dengan pneumonia misterius China, berganti dengan Novel Coronavirus hingga akhirnya disebut dengan Covid-19.

Gejala atau reaksi dari infeksi virus SARS-Cov-2 tersebut membuat pasien merasakan demam tinggi, flu, batuk, pilek, hingga gangguan pada saluran pernapasan seperti sesak napas layaknya seseorang terkena penyakit pneumonia dan influenza.

Adapun, pneumonia dan influenza merupakan dua dari banyaknya penyakit yang sudah ada vaksinnya saat ini.

Maka daripada itu, vaksinasi influenza dan vaksin pneumonia (Pneumococcal Conjugate Vaccine) dapat diberikan sementara untuk mencegah penyakit yang bergejala serupa dengan Covid-19 itu. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X