Bagaimana vaksin bisa membunuh virus? Palak Mehta, Author providedBagaimana vaksin bisa membunuh virus?

Bagaimana Vaksin Membunuh Virus?

16/10/2020, 10:17 WIB
Bagaimana vaksin bisa mematikan virus? - Layla, 7 tahun

Oleh Kylie Quinn dan Palak Mehta

INI pertanyaan sangat penting, terutama sekarang, saat para ilmuwan di seluruh dunia sedang bekerja keras mengembangkan vaksin untuk melindungi kita dari virus korona.

Sebenarnya, para pakar juga sedang berusaha untuk menemukan vaksin terhadap berbagai penyakit.

Untuk dapat memahami bagaimana vaksin dibuat, pertama kita harus paham bagaimana virus membuat kita sakit, dan bagaimana sel penting dalam tubuh kita melawan supaya tidak terinfeksi.

Virus sangat lihai

Virus membuat kita sakit ketika mereka menyerang sel kita. Proses itu dapat terjadi cukup rumit, kami para ilmuwan perlu mempelajarinya bertahun-tahun agar bisa mengerti.

Namun, kamu bisa membayangkannya seperti ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Virus dapat masuk ke dalam sel tubuh dengan memakai sebuah kunci khusus yang pas dengan gembok pada sel kita. Sekali masuk, virus akan membajak sel tersebut, memaksanya untuk menghasilkan virus-virus lebih banyak dengan mengubah sel sebagai pabrik virus.

Palak Mehta, Author provided Virus memakai kunci khusus untuk bisa masuk ke dalam sel kita dan mulai membuat kita sakit.

Ini menjadikan sel kita stres, dan kita mulai merasa sakit. Virus yang dihasilkan dari pabrik virus ini dapat menyebar dan menginfeksi seluruh tubuh kita, membuat kita semakin sakit.

Virus tersebut juga bisa menyebar dari tubuh kita ke orang lain, dan membuat mereka sakit juga.

Sistem imun kita adalah pertahanan kita

Sistem imun kita terdiri dari sel-sel kekebalan - sel yang sangat khusus yang hidup di seluruh tubuh kita. Tugas mereka adalah mengawasi tanda-tanda infeksi dan melindungi semua sel lain di tubuh saat ada ancaman.

Ada banyak jenis sel imun yang bekerja sebagai tim untuk menghentikan bahkan mematikan virus. Dua sel imun yang paling penting adalah sel B dan sel T.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.