Studi Baru: Antibodi Covid-19 Bertahan 4 Bulan

Kompas.com - 16/10/2020, 09:03 WIB
Ilustrasi antibodi yang menyerang virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. SHUTTERSTOCK/Kateryna KonIlustrasi antibodi yang menyerang virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

KOMPAS.com - Penelitian terbaru dari Finlandia menunjukkan bahwa antibodi setelah terinfeksi Covid-19 bertahan setidaknya empat bulan.

Kesimpulan ini dilaporkan Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Finlandia (THL) pada Selasa (13/10/2020).

Riset kolaborasi yang dilakukan THL dan Kota Helsinski menunjukkan, antibodi Covid-19 terbentuk satu bulan setelah infeksi dan masih dapat dideteksi hingga empat bulan lamanya.

Ini artinya, antibodi Covid-19 bertahan lebih lama dari yang diperkirakan ilmuwan sebelumnya.

Baca juga: Vaksinasi November, Uji Klinis Vaksin Covid-19 Tetap Sesuai Jadwal

Merit Melin, ilmuwan senior THL mengatakan penelitian ini fokus pada antibodi yang dapat menetralkan virus corona SARS-CoV-2 di kondisi laboratorium.

"Hampir semua pasien membentuk antibodi penawar dan sebagian besar mempertahankannya selama periode pengamatan (empat bulan)," kata Melin dilansir Xinhuanet, Selasa (13/10/2020).

Dia mencatat, penelitian internasional sejauh ini jarang berfokus pada antibodi yang menetralkan virus.

Sementara itu, kepala dokter di THL Hanna Nohynek menggarisbawahi pentingnya hasil riset ini dengan tujuan pengembangan vaksin.

"Seperti halnya vaksin yang bertujuan untuk menciptakan antibodi yang tahan lama, artinya temuan kekebalan alami bertahan lebih lama dari yang diperkirakan adalah suatu hal menjanjikan," katanya dalam siaran pers.

Rilis tersebut menjelaskan bahwa reaksi kekebalan alami menghasilkan antibodi yang menargetkan lonjakan protein virus dan sebagian besar vaksin yang saat ini dikembangkan juga dibuat berdasarkan struktur ini.

Baca juga: Obat Antibodi Ganda Diklaim Jadi Terapi Ampuh Obati Covid-19

Halaman:


Sumber Xinhuanet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X