Ini Alasan Periksa Payudara Sendiri Penting untuk Cegah Kanker

Kompas.com - 16/10/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi nyeri payudara. SHUTTERSTOCKIlustrasi nyeri payudara.


KOMPAS.com - Memiliki kanker adalah hal yang tidak diinginkan siapa pun, termasuk kanker payudara yang menjadi penyebab nomor satu kematian akibat kanker pada perempuan.

Untuk mencegah kanker payudara, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Para ahli selalu menekankan untuk melakukan deteksi dini sendiri terhadap potensi kanker payudara dengan program periksa payudara sendiri ( Sadari).

Cara lain lagi jika Anda ingin mendapatkan akurasi yang tepat terhadap potensi kanker payudara adalah dengan periksa diri melali pemeriksaan payudara klinis (Sadanis).

Baca juga: Benjolan di Payudara, Apakah Pertanda Kanker? Ini Penjelasan Ahli

Namun, mengapa deteksi dini kanker payudara menjadi penting?

Ketua Bidang Pelayanan Sosial Yayasan Kanker Indonesia, Dr Sonar Soni Panigoro menyampaikan bahwa semakin awal stadium kanker payudara ditemukan, maka semakin besar juga angka survival (kesintasan) atau harapan hidup pasien tersebut.

Sebaliknya, semakin tinggi stadiumnya, maka akan semakin rendah pula potensi kesembuhan pada pasien kanker.

Untuk diketahui, kanker payudara tidak bisa tiba-tiba muncul begitu saja.

Kanker butuh waktu beberapa tahun, minimal 6-10 tahun untuk sampai timbul atau berubah menjadi kanker atau tumor ganas.

Apabila gejala atau keluhan sudah timbul di payudara dan jaringan kelenjar yang terikat, maka itu bisa menandakan bahwa kanker payudara yang dialami bisa jadi sudah memasuki stadium lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X