Evolusi Tulang Penis Hewan, Dari Durasi Seks Hingga Ambil Sperma

Kompas.com - 15/10/2020, 19:02 WIB
Peneliti menyebut jika tulang penis pada musang madu memiliki bentuk hampir seperti sendok es krim. Bentuk ini mungkin telah berevolusi untuk menangkis persaingan dan memastikan keturunan benar-benar dihasilkan dari satu jantan saja. SHUTTERSTOCK/Ondrej ProsickyPeneliti menyebut jika tulang penis pada musang madu memiliki bentuk hampir seperti sendok es krim. Bentuk ini mungkin telah berevolusi untuk menangkis persaingan dan memastikan keturunan benar-benar dihasilkan dari satu jantan saja.


KOMPAS.com- Tulang penis atau baculum merupakan salah satu struktur yang paling misterius dalam biologi mamalia.

Sampai hari ini, tak ada yang benar-benar tahu apa fungsinya, termasuk juga mengapa tulang itu hilang pada manusia serta beberapa spesies mamalia lainnya.

Peneliti pun bermaksud mempelajarinya lebih lanjut dengan melakukan studi terhadap tulang penis beberapa hewan.

Seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (15/10/2020) studi terbaru mengenai tulang penis ini pun mengambil pendekatan 3D untuk memahami evolusi tulang. Penelitian sebelumnya lebih mengeneralisis bentuk tulang.

Baca juga: Memindai Penis Musang, Mengungkap Ketahanannya Kawin Selama 3 Jam

 

Ternyata dari hasil analisis 3D dari 82 tulang penis beragam hewan mengungkapkan bahwa baculum memiliki bentuk sangat bervariasi dalam ukuran dan bentuknya.

Lebih lanjut tulang penis dengan bentuk yang paling kompleks ditemukan pada karnivora dan menariknya, pada hewan monogami juga.

Menurut peneliti bentuk yang aneh itu dapat memperpanjang durasi hubungan seks, menyebabkan ovulasi pada betina, atau mengeluarkan sperma dari pejantan lain yang kawin dengan betina yang sama.

Tulang penis pada musang madu atau ratel misalnya. Peneliti menyebut jika tulang penis mereka memiliki bentuk hampir seperti sendok es krim.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X