Evolusi Tulang Penis Hewan, Dari Durasi Seks Hingga Ambil Sperma

Kompas.com - 15/10/2020, 19:02 WIB
Peneliti menyebut jika tulang penis pada musang madu memiliki bentuk hampir seperti sendok es krim. Bentuk ini mungkin telah berevolusi untuk menangkis persaingan dan memastikan keturunan benar-benar dihasilkan dari satu jantan saja. SHUTTERSTOCK/Ondrej ProsickyPeneliti menyebut jika tulang penis pada musang madu memiliki bentuk hampir seperti sendok es krim. Bentuk ini mungkin telah berevolusi untuk menangkis persaingan dan memastikan keturunan benar-benar dihasilkan dari satu jantan saja.

KOMPAS.com- Tulang penis atau baculum merupakan salah satu struktur yang paling misterius dalam biologi mamalia.

Sampai hari ini, tak ada yang benar-benar tahu apa fungsinya, termasuk juga mengapa tulang itu hilang pada manusia serta beberapa spesies mamalia lainnya.

Peneliti pun bermaksud mempelajarinya lebih lanjut dengan melakukan studi terhadap tulang penis beberapa hewan.

Seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (15/10/2020) studi terbaru mengenai tulang penis ini pun mengambil pendekatan 3D untuk memahami evolusi tulang. Penelitian sebelumnya lebih mengeneralisis bentuk tulang.