Kompas.com - 15/10/2020, 18:02 WIB


KOMPAS.com- Menjaga kebersihan tangan dengan cuci tangan adalah cara paling mudah terhindar dari berbagai jenis penyakit menular.

Memeringati Hari Cuci Tangan Sedunia, mencuci tangan tak hanya mencegah penularan Covid-19 di tengah pandemi virus corona saat ini, tetapi juga penyakit lain yang umum terjadi, seperti diare.

Norovirus yang sedang mewabah di China baru-baru ini, juga menjadi salah satu penyebab utama diare akut.

Menurut Dokter Umum di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon, dr Lovira Ladieska, norovirus seperti yang terjadi di China juga bisa juga terjadi di Indonesia.

"Karena norovirus memang sudah ada sejak dulu dan menjadi salah satu penyebab diare akut terbanyak non-bakteri, terutama pada anak-anak," kata dr Lovira kepada Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Wabah Diare Norovirus di China, Mungkinkah Ada di Indonesia dan Bagaimana Pencegahannya?

 

 

Dr Lovira menjelaskan norovirus terbagi menjadi beberapa genotipe, yakni memiliki komponen DNA yang berbeda-beda.

"Setahu saya ada 5 genotipe dan yang paling banyak di Indonesia adalah GII.2 dan GII.4," ungkap dia.

Pada dasarnya, kata dr Lovira, penularan norovirus dapat terjadi apabila partikel dari virus tersebut menempel, biasanya pada BAB seseorang, kemudian masuk ke mulut seseorang.

Kendati demikian, infeksi akibat norovirus, menurut dr. Lovira, dapat sembuh sendiri. Namun, infeksinya dapat mematikan apabila norovirus menimbulkan diare dengan dengan dehidrasi berat.

Baca juga: Keajaiban Cuci Tangan, Bisa Cegah Penyakit Termasuk Covid-19

 

"Jika tidak segera diberikan pengobatan atau rehidrasi, ya, bisa saja menyebabkan kematian karena dehidrasinya," jelas dr Lovira.

Mengutip Cleveland Clinic, infeksi norovirus yang menyebabkan diare dapat dicegah dengan beberapa cara sederhana ini.

1. Cuci tangan

Mencuci tangan adalah cara paling sederhana untuk mencegah penularan penyakit, termasuk diare yang disebabkan oleh norovirus dan Covid-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2 yang saat ini menjadi pandemi global.

Sering mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk mencegah norovirus, jadi gunakan sabun dan cuci tangan setidaknya selama 20 detik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.