Pecahkan Rekor, Burung Ini 11 Hari Terbang Tanpa Henti

Kompas.com - 14/10/2020, 20:02 WIB
Burung Bar-tailed godwit 


gizmodoBurung Bar-tailed godwit

KOMPAS.com - Burung Bar-tailed godwit berhasil memecahkan rekor dunia baru setelah melakukan perjalanan selama 11 hari tanpa henti. Burung ini terbang lebih dari 12.000 km mulai dari Alaska ke Selandia Baru.

Mengutip Gizmodo, Rabu (14/10/2020) burung Bar-tailed godwit terlacak mengawali perjalanannya dari barat daya Alaska pada 16 September daan tiba di teluk dekat Auckland 11 hari kemudian.

Peneliti dari Global Flyway Network, sebuah kelompok konservasi yang mempelajari burung pantai yang bermigrasi jarak jauh, dengan cara menempatkan penanda.

Baca juga: Burung Kondor Andes Terbang Berjam-jam Tanpa Mengepakkan Sayapnya

Penanda berupa cincin berwarna tersebut di pasang pada kaki. Selain itu juga, peneliti menggunakan tag satelit berukuran 5 gram yang ditempatkan di punggung bawah untuk memungkinkan peneliti melacak perjalanan epik burung.

Menurut peneliti, burung Bar-tailed godwit meninggalkan Alaska setelah dua bulan menetap di wilayah tersebut untuk mencari makan. Setelah itu dengan kecepatan 55mph, burung ini pun mulai bermigrasi.

Burung bisa saja mencapai Selandia Baru lebih cepat, namun angin kencang mendorongnya ke Australia, membuat waktu penerbangannya lebih lama.

"Burung Bar-tailed godwit punya bahan bakar energi yang sangat efisien. Anatominya dirancang seperti jet tempur, sayap yang panjang dan runcing, serta tubuh yang sangat ramping memberikan bentuk aerodinamis," kata Jesse Conklin, dari Global Flyway Network.

Belum diketahui secara pasti, tetapi peneliti meyakini jika burung-burung tak tidur dan makan selama perjalanan dan lebih menghabiskan sebagian besar waktu dengan terbang.

Lebih lanjut, Conklin juga berpendapat kalau burung Bar-tailed godwit kemungkinan menggunakan landmark berupa pulau untuk memandu mereka ke tempat tujuan.

Baca juga: Demi Kulit yang Sehat, Mungkin ini Alasan Migrasi Paus Pembunuh

Burung itu mungkin juga memiliki kompas internal, sehingga mampu merasakan medan magnet Bumi.

"Burung Bar-tailed godwit nampaknya memiliki kemampuan untuk mengatahui posisi mereka berada, meski terbang di atas lautan terbuka selama berhari-hari. Seperti memiliki semacam peta," imbuh Conklin.

Sayangnya burung Bar-tailed godwit terdaftar sebagai spesies yang terancam punah, karena populasinya terus menurun.

Burung-burung ini menghadapi banyak ancaman, mulai dari pembangunan perumahan, pengeboran minyak dan gas, hingga polusi.

Sementara itu penerbangan nonstop terpanjang sebelumnya yang dilakukan oleh seekor burung mencapai 11.680 km dan tercatat pada tahun 2007.



Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X