Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidup Dekat Manusia, Karnivora Terancam Kehilangan Insting Berburu

Kompas.com - 13/10/2020, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com- Sebuah penelitian menyebut karnivora atau hewan pemakan daging yang hidup di dekat manusia terancam dapat kehilangan insting berburunya.

Hal ini tak lain disebabkan karena hewan yang tinggal di dekat manusia dapat memperoleh makanan mereka dari sumber makanan manusia.

Perubahan pola hidup ini membawa kekhawatiran tersendiri sebab akan membayakan ekosistem yang didominasi karnivora.

Seperti dikutip dari Phys, Selasa (13/10/2020) hal tersebut terungkap dalam penelitian yang dilakukan ahli ekologi dari University of Wisconsin-Madison terhadap karnivora yang hidup di lingkungan Amerika Utara.

Baca juga: Kanibalisme Antar Spesies Dinosaurus Karnivora Pernah Terjadi, Ini Buktinya

 

Dalam penelitian yang telah dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences ini, peneliti mempelajari pola makan sekitar 700 spesies predator di seluruh wilayah Great Lakes di AS.

Mereka mengumpulkan sampel tulang dan bulu untuk analisis kimia dari beberapa hewan seperti serigala abu-abu, coyote, dan bobcat.

Selanjutnya, peneliti membandingkan pola makan karnivora dengan tingkat perkembangan manusia di wilayah tersebut, yang bervariasi dari hutan belantara yang pada dasarnya jarang tersentuh manusia hingga perkotaan yang luas.

Dari analisis tersebut peneliti mengungkapkan jika makin dekat karnivora yang hidup dengan kota dan peternakan, maka makin banyak pula makanan manusia yang mereka makan.

Halaman:
Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com