7 Cara Termudah Kecilkan Perut Buncit Menurut Sains

Kompas.com - 12/10/2020, 13:06 WIB
Ilustrasi obesitas ShuterstockIlustrasi obesitas

KOMPAS.com - Sudahkah Anda mengukur lingkar perut hari ini? Berat badan berlebih, khususnya di area perut, sangat berbahaya bagi kesehatan.

Memiliki lemak perut dalam jumlah banyak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, resistensi insulin dan diabetes tipe 2, kanker kolorektal, sleep apnea atau henti napas saat tidur, tekanan darah tinggi dan kematian prematur.

Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini, berbagai studi telah menemukan kaitan antara kelebihan berat badan dengan gejala Covid-19 yang lebih parah dan mematikan.

Oleh karena itu, bila lingkar perut Anda melebihi 94 cm untuk pria atau 80 cm untuk wanita, ada baiknya Anda segera mengambil tindakan.

Baca juga: Minuman Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan Menurut Studi Ilmiah

Berikut adalah tujuh cara terbaik dan termudah untuk mengecilkan perut buncit menurut sains, seperti dilansir dari Healthline:

1. Makan lebih banyak serat larut

Memakan lebih banyak serat yang larut bisa memperlambat pengosongan perut dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Hal ini, karena serat larut menyerap lebih banyak air dan memperlambat pergerakan perut di dalam saluran pencernaan.

Selain itu, memakan lebih banyak serat larut juga telah dihubungkan dengan risiko penumpukan lemak di perut yang lebih rendah.

Anda bisa mendapatkan serat larut ini dari haver utuh, alpukat, kacang-kacangan dan blackberry.

Baca juga: Mengapa Covid-19 Lebih Mematikan pada Orang yang Obesitas?

2. Melakukan olahraga kardio

Olahraga kardio, seperti jalan cepat, bersepeda dan berlari, telah terbukti sangat efektif mengurangi ukuran lingkar perut.

Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X