Kompas.com - 12/10/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi sakit telinga Ilustrasi sakit telinga

KOMPAS.com - Suatu hari di bulan Juli, Meredith Harell (42) merasa telinga kanannya tiba-tiba berdengung. Sesaat kemudian, telinga kanannya tidak bisa mendengar.

"Rasanya seperti ada yang menekan bel dering di telinga," kata Harell.

Harell tidak tahu alasan di balik kehilangan pendengarannya. Namun satu minggu kemudian, hasil tes Covid-19 menunjukkan dirinya positif.

Seorang ahli otologi atau dokter spesialis pendengaran menjelaskan kepada Harell, kemungkinan besar penyebab telinganya tidak berfungsi karena virus corona SARS-CoV-2.

Baca juga: Bertahan 4 Minggu di Uang Kertas, Virus Corona Lebih Kuat dari Flu Musiman

Virus seperti campak, gondok, dan meningitis diketahui dapat menyebabkan gangguan pendengaran mendadak.

Dari bukti kasus yang ada, mungkin Covid-19 perlu ditambahkan ke daftar virus yang menyebabkan gangguan pendengaran.

"Belakangan kami semakin sering mendengar orang yang positif Covid-19 juga mengalami gangguan pendengaran," ujar Dr. Matthew Stewart, profesor otolaringologi di John Hopkins Medicine, sepert dilansir CNN, Sabtu (10/10/2020).

Tidak ada data yang lengkap tentang seberapa umum orang yang terinfeksi Covid-19 mengalami gangguan pedengaran. Namun, beberapa penelitian kecil menunjukkan adanya hubungan antara keduanya.

Salah satunya yang dilakukan tim riset dari Manchester, Inggris.

Tim Manchester menanyai mantan pasien Covid-19 yang sudah keluar dari rumah sakit selama delapan minggu, apakah mereka pernah mengalami gangguan pendengaran atau telinga berdenging saat masih menderita Covid-19.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.