Kompas.com - 09/10/2020, 13:05 WIB
Ilustrasi hamil HoneyrikoIlustrasi hamil

KOMPAS.com - Periode emas pertumbuhan seorang anak adalah dalam seribu hari pertama kehidupannya.

Periode 1000 hari pertama kehidupan ini terbagi menjadi tiga yaitu, 270 hari kehamilan, 365 hari tahun pertama, dan 365 hari tahun kedua.

Selama masa itu kebutuhan gizi harus terpenuhi. Pasalnya, kekurangan gizi pada periode ini akan mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan.

Hal itu diungkapkan oleh dr. Yasin Yanuar Mohammad, Sp.OG-KFER,M.Sc pada webinar yang berjudul Antenatal Care pada Masa New Normal, Apa yang Harus Diperhatikan? yang digelar oleh RS Pondok Indah, pada Rabu, (7/10/2020).

Baca juga: Tips Jaga Kehamilan Aman bagi Ibu Hamil di Tengah Pandemi Covid-19

Cukup gizi selama dalam kandungan, tak hanya membuat janin terlahir sehat, tapi juga tumbuh kuat dan sempurna di setiap fase perkembangannya.

Seribu hari pertama kehidupan disebut sebagai periode emas, karena dalam periode ini terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat.

Hal inilah yang mendukung seluruh proses pertumbuhan anak dengan sempurna. Dukungan gizi juga sangat dibutuhkan.

"Kurangnya gizi bisa menghambat pertumbuhan, hal ini tidak bisa diperbaiki di masa kehidupan selanjutnya," tutur Yasin.

Masalah tersebut bisa menghambat pertumbuhan anak, yang kemudian meningkatkan risiko anak akan menjadi lemah dan mudah sakit.

"Ibu hamil bahkan disarankan untuk mengonsumsi gizi yang dibutuhkan saat kehamilan, semenjak tiga bulan sebelum kehamilan," imbuh Yasin.

Baca juga: Makanan Apa yang Harus Dikonsumsi agar Cepat Hamil?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X