Nobel Kimia 2020 Diraih 2 Ilmuwan Penemu Gunting Kode Kehidupan

Kompas.com - 07/10/2020, 17:38 WIB
Kedua pemenang Hadiah Nobel Kimia 2020 Twitter/Nobel PrizeKedua pemenang Hadiah Nobel Kimia 2020

KOMPAS.com - Pemenang Hadiah Nobel Kimia 2020 telah diumumkan pada hari ini (7/10/2020).

Dilansir dari siaran pers resmi The Nobel Prize in Chemistry 2020; mereka adalah Emmanuelle Charpentier dari Max Planck Unit for the Science of Pathogens, Berlin, Jerman dan Jennifer A. Doudna dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat.

Charpentier dan Doudna adalah tokoh di balik teknologi modifikasi gen termaju saat ini yaitu CRISPR/Cas9.

Menggunakan gunting kode kehidupan, para peneliti bisa mengubah DNA hewan, tanaman dan mikroorganisme dengan presisi yang sangat tinggi dan hanya dalam hitungan minggu.

Baca juga: Nobel Fisika 2020 Diraih 3 Ilmuwan Penemu Lubang Hitam

Penemuan ini juga membuka peluang untuk terapi kanker baru dan kesembuhan penyakit-penyakit yang diturunkan secara genetik.

Claes Gustafsson, ketua Komite Nobel Kimia, mengatakan, ada kekuatan yang luar biasa pada alat genetik ini, yang mempengaruhi kita semua.

"(CRISPR/Cas9) tidak hanya merevolusi ilmu sains dasar, tetapi juga menghasilkan inovasi dan akan memimpin menuju terobosan perawatan medis terbaru," ujarnya.

Penemuan CRISPR/Cas 9

Seperti penemuan-penemuan luar biasa lainnya, penemuan CRISPR/Cas9 juga terjadi secara tidak sengaja.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X