Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Toilet sampai Kamera VR, Kargo NASA Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa

Kompas.com - 02/10/2020, 20:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN,Guardian


KOMPAS.com- Badan antariksa Amerika (NASA) segera meluncurkan misi pengisian ulang penyedia kargo komersial ke stasiun luar angkasa.

Kargo NASA yang akan diluncurkan dengan roket Antares dari Virginia Space's Mid-Atlantic Regional Spaceport di Fasilitas Penerbangan Wallops NASA.

Lantas, apa saja benda yang akan dibawa oleh NASA dalam misi peluncuran kargo ini?

Melansir CNN, Jumat (2/10/2020), di antara 8.000 pasokan yang diluncurkan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang rencananya akan dilakukan pada Jumat malam waktu setempat, terdapat toilet, kamera VR dan berbagai pendukung eksperimen sains yang akan dilakukan di luar angkasa.

Baca juga: NASA Belum bisa Temukan Kebocoran Udara di Stasiun Luar Angkasa

 

1. Toilet luar angkasa

Salah satu benda yang akan dibawa dalam misi kargo NASA ini adalah toilet luar angkasa baru yang disebut Universal Waste Management System (UWMS) dalam misi layanan pasokan komersial NG-14.

Dengan tidak ada gravitasi, tentu sulit dibayangkan bagaimana toilet ini akan berfungsi.

Salah satu bagian dari toilet baru NASA yang akan diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).James Blair/NASA/ JSC Salah satu bagian dari toilet baru NASA yang akan diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Baca juga: Persiapan Misi ke Bulan, Nasa Cari Toilet untuk Astronotnya

 

"Anda tidak menyadari seberapa banyak Anda bisa menyia-nyiakan toilet di Bumi, sementara di ISS hanya ada dua toilet dan salah satunya rusak," kata astronot NASA Andrew Morgan dalam panel yang digelar oleh National Science Foundation pada pekan lalu.

Desain baru toilet yang akan dibawa ke ISS, memiliki corong dan selang untuk air seni dan tempat duduk untuk buang air besar.

Desain toilet ini memulai aliran udara secara otomatis segera setelah tutup toilet diangkat, sistem ini juga membantu mengontrol bau. Dirancang 65 persen lebih kecil dan 40 persen lebih ringan.

Halaman:
Sumber CNN,Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com