Kamasutra Satwa: Setelah Kawin, Kehamilan Terjadi pada Kuda Laut Jantan

Kompas.com - 01/10/2020, 13:11 WIB
babi Jepang atau Hippocampus japapigu, spesies baru kuda laut yang ditemukan di perairan Jepang babi Jepang atau Hippocampus japapigu, spesies baru kuda laut yang ditemukan di perairan Jepang

KOMPAS.com - Proses reproduksi kuda laut bisa dikatakan aneh, karena berbeda degan hewan lainnya. 

Kuda laut memiliki peran seks yang terbalik, kehamilan tidak terjadi pada kuda laut betina, melainkan kuda laut jantan yang mengalami kehamilan.

Dilansir dari live science, (27/7/2013), sebenarnya kuda laut bukan satu-satunya hewan yang menunjukkan pembalikan peran seks yang aneh ini, kata Adam Jones, seorang ahli biologi di Texas A&M University yang mempelajari Syngnathidae.

Faktanya, kehamilan jantan adalah sifat yang ada di mana-mana di antara spesies Syngnathidae. Keluarga taksonomi ini mencakup kuda laut, ikan pipih, dan naga laut. 

Baca juga: Seukuran Bulir Beras, Spesies Baru Kuda Laut Ini Ditemukan di Jepang

Kuda laut jantan dan betina pertama kali akan berkumpul di awal musim kawin, yang biasanya berlangsung dari musim semi hingga akhir musim gugur.

"Para ilmuwan tidak tahu persis bagaimana proses mereka memilih pasangan, tapi masuk akal jika mereka menggunakan kombinasi isyarat visual dan kimiawi," kata Jones kepada LiveScience.

Jantan Syngnathidae cenderung menjadi jenis kelamin yang pemilih, hal ini merupakan kebalikan dari banyak hewan lain di Bumi.

Penelitian juga menunjukkan, bahwa beberapa spesies kuda laut memiliki "size assortativemating", di mana jantan dan betina berpasangan dengan yang seukuran.

Sebelum betina menyimpan telurnya ke dalam kantong jantan dengan ovipositornya, pasangan kuda laut akan melakukan tarian pacaran yang panjang.

Baca juga: Ada Spesies Kuda Laut Baru dari Korea, Begini Rupanya

Ketika mereka sudah menyelaraskan gerakan mereka dan berenang bersama. Maka betina akan menyimpan telurnya ke kantung jantan.

Setelah pejantan menerima telur dari pasangannya, dia melepaskan spermanya ke dalam air laut, sperma dengan cepat menemukan jalan mereka ke dalam kantong pria, meskipun para ilmuwan tidak yakin bagaimana caranya.

Menariknya, kuda laut jantan dari semua spesies kuda laut memiliki kantung, tetapi jantan dari beberapa spesies Syngnathidae tidak, telur betina akan menempel pada permukaan tubuh jantan pada spesies tersebut.

Beberapa spesies kuda laut membentuk ikatan pasangan yang saling menempel sepanjang musim kawin. 

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kuda Laut Jantan Gantikan Kehamilan Betina, Kok Bisa?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X