Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Bisa Menyebar di Udara, Amankah Bersepeda Saat Pandemi?

Kompas.com - 28/09/2020, 17:35 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktivitas bersepeda masih menjadi tren untuk mengurangi kebosanan di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir di Indonesia.

Padahal, ada semakin banyak bukti ilmiah dan anekdotal yang menunjukkan bahwa virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bisa menyebar di udara (airborne).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah menyatakan bahwa penularan Covid-19 bisa melalui udara pada bulan Juli lalu.

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan, amankah bersepeda di tengah pandemi Covid-19 jika penularan virus bisa terjadi melalui udara?

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Fakta Unik Letusan Tambora Ternyata Turut Lahirkan Sepeda

Menanggapi persoalan ini, pakar epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, mengatakan bahwa sebenarnya, tidak masalah untuk bersepeda di tengah pandemi ini, asalkan di lingkungan terbatas.

Bersepeda di lingkungan terbatas yang dimaksud adalah tempatnya tidak ramai dan bersepedanya tidak dalam rombongan yang banyak.

"Karena dengan aktivitas bersepeda beramai-ramai misalnya, ya itu akan sedikit banyak punya potensi berkontribusi (meningkatkan penyebaran dan penularan Covid-19), ya kecuali (bersepeda) itu dilakukan dengan orang terdekat, dalam satu rumah dalam hal ini (terdekat)," kata Dicky kepada Kompas.com, Senin (28/9/2020).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com