Kompas.com - 27/09/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi pliosaurus, dinosaurus reptil yang merupakan predator laut di zaman Jurassic. Reptil ini memiliki gigitan yang lebih kuat dari Tyrannosaurus rex (T.rex). Sisa fosil ditemukan di gurun terkering di dunia, Gurun Atacama, Chili. SHUTTERSTOCK/Liliya ButenkoIlustrasi pliosaurus, dinosaurus reptil yang merupakan predator laut di zaman Jurassic. Reptil ini memiliki gigitan yang lebih kuat dari Tyrannosaurus rex (T.rex). Sisa fosil ditemukan di gurun terkering di dunia, Gurun Atacama, Chili.


KOMPAS.com- Sisa-sisa fosil predator laut ditemukan di gurun Atacama, Chili. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa dinosaurus ini memiliki fisik menyerupai paus pembunuh.

Uniknya, penemuan predator laut ini berada di gurun terkering di dunia, Atacama di Chili.

Seperti dikutip dari Reuters, Minggu (27/9/2020), Pliosaurus adalah reptil purba berasal dari 160 juta tahun yang lalu.

Menurut peneliti dari University of Chile, dinosaurus ini memiliki gigitan yang lebih kuat dari Tryrannosaurus rex (T.rex).

Baca juga: Karnivora Ganas ini, Spesies Dinosaurus Baru dari Zaman Jurassic

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sisa-sisa fosil yang ditemukan tersebut merupakan catatan tertua kedua dari spesies ini di belahan Bumi selatan.

Berdasarkan catatan sejarah, gurun Atacama Chili yang luas, dulu sebagian wilayahnya terendam lautan Samudera Pasifik.

Sekarang telah menjadi bentangan gurun berpasir dan baru dengan sebagian wilayah yang tidak tersentuh hujan selama bertahun-tahun.

Pliosaurus menguasai lautan tersebut, fisik reptil ini memiliki tengkorak besar, wajah memanjang, leher pendek, gigi-gigi yang sangat tajam, dengan tubuh hidrodinamik dan tungkai seperti sirip.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X