Rahasia Alam Semesta: Mungkinkah Bumi Punya Cincin Seperti Saturnus?

Kompas.com - 25/09/2020, 19:32 WIB
Ilustrasi Bumi memiliki cincin seperti planet Saturnus. Berbeda dengan cincin Saturnus, cincin Bumi tidak mengandung material es. SHUTTERSTOCK/Vadim SadovskiIlustrasi Bumi memiliki cincin seperti planet Saturnus. Berbeda dengan cincin Saturnus, cincin Bumi tidak mengandung material es.

KOMPAS.com - Segala sesuatu di dunia memiliki keterkaitan dengan planet atau manusia. Serial "Imaginary Earths"  mencoba untuk berspekulasi apa yang akan terjadi di dunia jika satu aspek kunci kehidupan berubah.

Cincin pada Saturnus memberikan kesan keagungan yang sesuai dengan julukan planet ini "raja para Titan". Terbuat hampir seluruhnya dari potongan-potongan es dan terbentang ribuan mil lebarnya

Cincin Saturnus sudah membuat manusia terpesona sejak Galileo menemukannya dengan teleskop pada tahun 1610.

Seperti apakah Bumi jika memiliki cincin seperti Saturnus?

Baca juga: Seperti Saturnus, Mungkinkah Dulu Planet Mars Punya Cincin?

Ilustrator antariksa dan fiksi ilmiah Ron Miller menciptakan gambaran luar biasa tentang bagaimana langit akan terlihat jika Bumi memiliki cincin dengan ukuran yang sama dengan Saturnus.

Dilansir dari Live Science, (21/9/2020), tempat paling stabil untuk cincin adalah di sekitar ekuator planet, sehingga penampakan cincin akan bervariasi menurut garis lintang.

Misalnya, di dekat ekuator di Quito, Ekuador, akan terlihat cincin dari tepi bagian dalam, sehingga cincin tersebut akan terlihat seperti garis tipis yang muncul langsung dari cakrawala.

Cincin Bumi berbeda dengan cincin Saturnus, sebab mereka tidak akan memiliki es. Bumi terletak lebih dekat ke matahari daripada Saturnus, jadi radiasi dari bintang kita akan menyebabkan es di cincin Bumi menyublim.