Fenomena Cantik Nebula Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang, asalkan...

Kompas.com - 22/09/2020, 08:31 WIB
Nebula di langit utara Indonesia. Penampakan nebula ini diambil oleh LAPAN di Kupang. M Rayhan @rayhan_cygnus /Planetarium dan Observatorium Jakarta serta M D Danarianto/BPON LAPANNebula di langit utara Indonesia. Penampakan nebula ini diambil oleh LAPAN di Kupang.


KOMPAS.com- Nebula merupakan salah satu fenomena langit yang menarik layaknya aurora dan menjadi dapat dijumpai di langit Indonesia.

Seperti yang pemandangan Nebula Amerika Utara (NGC 7000) yang diambil pada panjang gelombang H-alpha, O III, dan S II di Balai Pengelola Observatorium Nasional, Kupang.

Gambar yang tertangkap layar oleh M Rayhan dari Planetarium dan Observatorium Jakarta, bersama MD Danariantor dari BPON Lapan, merupakan komposit citra observasi selama 4 jam 40 menit.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emanuel Sungging menjelaskan bahwa Nebula itu seperti awan, tetapi tersusun dari debu dan gas, yang bisa terionisasi saking panasnya.

Baca juga: Tertangkap Lensa Lapan, Apa Itu Fenomena Nebula Seperti Awan Warna-warni?

 

Alhasil, dari proses ionisasi panas yang terjadi itu membuat Nebula tampak berwarna-warni di langit.

"Jadi warna-warni itu bisa menceritakan kondisi panasnya si nebula," kata Emanuel kepada Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Bagaimana mengamati fenomena Nebula?

Fenomena Nebula bisa diamati dengan mempergunakan bantuan berbagai alat optik, termasuk teleskop.

Emanuel menuturkan, kalau penampakan Nebula seperti di rasi Orion, maka ada peluang bisa dilihat langsung atau hanya dengan mata telanjang.

"Tapi, itu ditentukan juga adanya polusi cahaya," ujarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X