Studi Baru Ungkap Secara Genetik Orang Viking juga Keturunan Asia

Kompas.com - 21/09/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi bangsa Viking. Studi baru mengungkap keturunan orang Viking tidak hanya dari Skandinavia, tetapi secara genetik juga berasal dari Eropa Selatan dan Asia. SHUTTERSTOCK/Nejron PhotoIlustrasi bangsa Viking. Studi baru mengungkap keturunan orang Viking tidak hanya dari Skandinavia, tetapi secara genetik juga berasal dari Eropa Selatan dan Asia.


KOMPAS.com- Selain dikenal sebagai pelaut yang handal, selama ini orang Viking digambarkan sebagai orang-orang Skandinavia dengan rambut pirang dan bermata biru.

Namun menurut sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Nature, terungkap kalau orang Viking tak selamanya seperti deskripsi tersebut.

Seperti dikutip dari IFL Science, Senin (21/9/2020) peneliti menyebut jika kerajaan Viking ternyata secara genetik terdiri dari banyak kelompok yang berbeda.

Beberapa di antaranya bahkan ditemukan memiliki gen Eropa Selatan dan Asia. Temuan ini merupakan studi yang dilakukan selama periode enam tahun.

Baca juga: Asal-usul Cacar Terlacak, Pernah Menimpa Orang Viking 1.400 Tahun Lalu

 

Dalam kurun waktu tersebut, peneliti mengurutkan genom dari 442 kerangka Viking yang berasal dari 2400 SM hingga 1600 Masehi.

Dengan metode tersebut, peneliti berhasil mengungkap petunjuk baru tentang asal usul genetik dari populasi Viking dan bagaimana mereka menyebar ke seluruh Eropa Utara.

"Kami menemukan bahwa Viking bukan hanya orang ( keturunan) Skandinavia saja. Kami menganalisis dalam DNA mereka dan menemukan pula genetik Eropa Selatan serta Asia yang belum pernah terungkap sebelumnya," jelas Martin Sikora, penulis studi ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X