Serba-serbi Hewan: Kenapa Hidung Anjing Terasa Dingin dan Basah?

Kompas.com - 17/09/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi anjing sebagai hewan peliharaan. PIXABAY/LENKA NOVOTNAIlustrasi anjing sebagai hewan peliharaan.

KOMPAS.com - Setelah mengelus perut anjing dan membuatnya senang, mungkin sahabat Anda ini akan mengarahkan hidungnya ke kulit manusia. Mungkin, dia sedang mengucapkan terima kasih.

Disadari atau tidak, hidung anjing yang menyentuh kulit terasa dingin dan basah. Jika diperhatikan, hidung mereka pun selalu mengkilap.

Lantas, apa yang sebenarnya menyebabkan hidung anjing basah dan apakah itu normal?

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Apakah Anjing Anda Obesitas? Begini Mengeceknya

Jawabannya, itu normal. Begitupun saat mereka tidur, hidungnya akan lebih hangat dan kering.

"Saat anjing tidur, hidung mereka menghangat dan juga mengering. Kemudian, saat anjing bangun, dia akan menjilati hidungnya dan menjadi dingin," kata Anna Bálint, seorang peneliti yang mempelajari perilaku hewan di Universitas Eötvös Loránd di Budapest, Hongaria.

Seperti dilansir Live Science, Sabtu (12/9/2020), hidung anjing yang dingin sebenarnya membantunya mengatur suhu tubuh.

Namun karena ujung hidungnya sangat kecil, kemungkinan ini tidak terlalu berkontribusi dalam mengatur suhu tubuhnya secara keseluruhan.

Penelitian

Untuk menyelidiki lebih lanjut fungsi hidung anjing yang basah, tim peneliti internasional mengukur suhu hidung banyak hewan, termasuk kuda, rusa, dan anjing.

Ketika Bálint bergabung dengan proyek tersebut, tim mengetahui bahwa ujung hidung - atau yang disebut rhinarium - pada anjing dan hewan karnivora lainnya lebih dingin dibanding ujung hidung hewan herbivora.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X