Kompas.com - 16/09/2020, 19:33 WIB
Penyerahan peralatan Servic RAC dalam acara webinar Ozone For Life dalam rangka Peringatan Hari Ozon Internasional 2020, Rabu (16/9/2020). KOMPAS.com/Dinda Zavira OktaviaPenyerahan peralatan Servic RAC dalam acara webinar Ozone For Life dalam rangka Peringatan Hari Ozon Internasional 2020, Rabu (16/9/2020).

KOMPAS.com - Hari Ozon Sedunia diperingati setiap tanggal 16 September. Pada peringatannya tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia meluncurkan aplikasi MontiR-AC untuk menciptakan teknisi AC yang berkompeten.

Pasalnya, teknisi yang kompeten tentu akan melakukan servis peralatan Refrigerasi dan AC (RAC) dengan benar, sehingga dapat menghindari terlepasnya zat-zat refrigeran ke udara dan mengurangi penipisan lapisan ozon.

Selain itu, servis peralatan RAC yang sesuai dengan standar mesin juga dapat meningkatkan umur pakai mesin dan menghemat konsumsi energi dari peralatan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Ir. Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada webinar "Ozon For Life", Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Merawat Ozon dengan Ozon

"KLHK telah mengembangkan aplikasi MontiR-AC, yaitu aplikasi yang memudahkan para teknisi dalam mendapatkan pekerjaan servis AC serta konsumen dapat dengan mudah mencari teknisi kompeten di sekitar tempat tinggalnya." tutur Ruandha.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aplikasi ini sudah dapat diunduh secara gratis melalui google playstore atau diakses melalui website www.montirac.com.

Sesuai dengan Permen LHK Nomor 73 Tahun 2019, per tanggal 18 Oktober 2021, teknisi yang dapat mengambil pekerjaan dalam aplikasi MontiR-AC adalah teknisi yang sudah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pengesahan skema sertifikasi teknisi refrigerasi dan tata udara yang akan menjadi pedoman bagi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk melaksanakan sertifikasi teknisi RAC dilaksanakan pada hari ini dan ditandatangani oleh KLHK dan BNSP.

Dengan pengesahan skema tersebut, diharapkan dapat mempercepat penyediaan teknisi RAC yang kompeten serta mendorong penguatan daya saing tenaga kerja Indonesia.

Baca juga: Hari Ozon Sedunia, Ratusan Siswa SMA Tanam Mangrove di Pantai

Sebab, masyarakat di Indonesia sangat banyak yang menggunakan AC, sehingga diperlukan banyak teknisi AC yang kompeten agar tidak melepas bahan perusak ozon ke udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.