Kompas.com - 16/09/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi orca atau paus pembunuh diapit dua kapal. SHUTTERSTOCK/BirdiegalIlustrasi orca atau paus pembunuh diapit dua kapal.

KOMPAS.com - Nasib sial dialami banyak pelaut di sepanjang pantai Spanyol dan Portugis. Bagaimana tidak, mereka diserang oleh sekelompok orca atau paus pembunuh hingga merusak kapal.

Beberapa awak kapal pun dikabarkan mengalami memar karena ditabrak orca dari bawah.

Insiden yang terjadi sejak Juli ini membuat para ilmuwan bingung. Pasalnya, jenis agresi seperti ini sangat jarang terjadi.

Menurut pemberitaan The Insider, Minggu (13/9/2020), dalam dua bulan terakhir pelaut sangat sering mengirimkan panggilan darurat karena ulah orca.

Baca juga: Rusia Akan Bebaskan Hampir 100 Orca dan Beluga dari Penjara Paus

Serangan orca

Banyak laporan yang menyebut anggota awak kapal mengalami memar dan ada satu kapal yang harus ditarik ke pelabuhan karena kerusakan serius.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah seorang korban serangan paus pembunuh adalah kapal yang panjangnya 14 meter. Ketika berada di lepas pantai Cape Trafalgar di Spanyol, kapal itu diserang sembilan orca.

Salah satu anggota awak Victoria Morris mengatakan, paus pembunuh yang bobotnya mencapai 6 ton menabrak kapal mereka terus menerus selama satu jam. Ini menyebabkan kapal berputar 180 derajat dan mesin mati.

Morris mengatakan kepada The Observer, insiden yang terjadi pada 28 Juli itu terasa seperti serangan yang sangat bising.

"Suaranya sangat menakutkan. Mereka menabrak kapal, kemudian muncul gema yang mengerikan. Saya pikir paus-paus itu bisa membalikkan perahu," kata Morris.

"Mereka seperti bersiul satu sama lain, seperti berkomunikasi. Dan suaranya sangat memekakkan telinga, begitu keras sehingga kami harus berteriak," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X