Kompas.com - 16/09/2020, 09:02 WIB
Ilustrasi tanaman artemisia, disebut dapat membunuh virus corona. SHUTTERSTOCK/Piyush GargayanIlustrasi tanaman artemisia, disebut dapat membunuh virus corona.

KOMPAS.com - Madagaskar menarik banyak perhatian ketika April lalu, negara pulau di Afrika tersebut mengumumkan bahwa sebuah tanaman setempat dipakai untuk memerangi virus corona.

Presiden Andry Rajoelina mempromosikan sebuah minuman yang mengandung ekstrak tanaman artemisia.

Berkaitan dengan tanaman ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan sejauh ini belum ada bukti bahwa tanaman yang beberapa kandungannya berkhasiat melawan malaria juga dapat melawan Covid-19.

Jadi, apa yang kita ketahui tentang tanaman ini dan kandungannya?

Baca juga: Uji Klinis Imunomodulator Herbal untuk Pasien Covid-19, LIPI Tunggu BPOM

Artemisia annua berasal dari Asia, namun tumbuh di banyak tempat di dunia dengan cuaca terik dan panas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanaman ini telah dipakai dalam obat-obatan tradisional China selama lebih dari 2.000 tahun untuk mengobati beberapa penyakit, seperti malaria, mengurangi rasa sakit, dan demam.

Dalam obat-obatan China, tanaman ini dikenal sebagai "qinghao".

Ini juga disebut sebagai apsintus manis atau tahunan, dan dipakai dalam terapi alternatif. Tanaman ini bahkan dipakai juga dalam beberapa minuman beralkohol.

Dapatkah artemisia melawan Covid-19?

Presiden Madagaskar Andry Rajoelina mengatakan April lalu bahwa uji coba minuman Covid-Organik yang memakai artemisia menunjukkan efektivitas dalam memerangi Covid-19. Ia mengulangi klaim ini pada September.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X