Kompas.com - 14/09/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi fosil cangkang foram (Formainifera) yang digunakan peneliti untuk mempelajari iklim Bumi di masa lalu, untuk melihat kondisi perubahan iklim di masa kini dan masa depan. SHUTTERSTOCK/dhifazzuraIlustrasi fosil cangkang foram (Formainifera) yang digunakan peneliti untuk mempelajari iklim Bumi di masa lalu, untuk melihat kondisi perubahan iklim di masa kini dan masa depan.

KOMPAS.com - Studi baru dilakukan para peneliti untuk mengungkapkan betapa mengerikan situasi iklim Bumi pada saat ini.

Para peneliti telah menganalisis unsur-unsur kimiawi yang terdapat dalam amuba bawah laut yang disebut foram yang berhasil selamat dari hantaman asteroid pada 66 juta tahun silam.

Saat tumbuhan dan hewan mati, amuba ini berhasil berkembang biak dan membangun cangkang yang kokoh dari kalsium dan mineral laut dalam.

Dilansir dari Live Science, Minggu (13/9/2020), berdasarkan analisis dari unsur kimiawi yang terdapat dalam ribuan sampel foram, para peneliti dapat membuat catatan rinci tentang iklim Bumi.

Dalam studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Science, penelitian ini mencakup catatan misi pengeboran laut dalam selama puluhan tahun, serta merinci perubahan iklim Bumi di seluruh era Kenozoikum.