Polusi Udara Memengaruhi Bumi, Ini Contoh Kejadian dan Ancamannya

Kompas.com - 11/09/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi bersepeda dan polusi shutterstockIlustrasi bersepeda dan polusi

KOMPAS.com - Polusi udara masih menjadi permasalahan yang belum selesai hingga saat ini.

Selain akar permasalahannya dan faktor penyebabnya yang cukup banyak, dampak dari polusi udara ekstrem ini juga tidak hanya satu sektor saja.

Di banyak bagian dunia, peristiwa polusi udara ekstrem telah menjadi fenomena musiman.

Pada awal November tahun lalu sebelum adanya pandemi Covid-19, New Delhi dan kota-kota lain di India Utara dikabarkan mengalami tingkat polusi udara tertinggi.

Bahkan, polusi udara di sana menyebabkan pembatalan penerbangan dan membuat orang harus tetap menggunakan masker meski berada di dalam rumah.

Baca juga: Cegah Corona dan Polusi Udara, Kota Dunia Buka 3.607 Km Jalur Sepeda

Di Ulaanbaatar, Mongolia, dan ibu kota Thailand, Bangkok, peristiwa ini terjadi pada bulan Januari dan Februari.

Di California dan Australia, kebakaran hutan musim panas sedang terjadi akibat perubahan iklim, yang menghancurkan habitat dan menutupi area yang luas dalam kabut asap yang mencekik.

Kondisi tersebut menjadi contoh dampak ekstrem dari krisis yang memengaruhi semua pihak.

Polusi udara memengaruhi kesehatan manusia, hewan dan planet, dengan perkiraan 7 juta orang meninggal secara prematur karena penyakit yang disebabkan oleh polusi udara.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam pesannya mengatakan, polusi udara adalah risiko lingkungan terbesar bagi kesehatan manusia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X