Gempa Hari Ini: M 4,9 Guncang Sukabumi, Diduga Sesar Aktif Dasar Laut

Kompas.com - 08/09/2020, 12:32 WIB
Selasa (8/9/2020) pukul 9.06 WIB, wilayah Sukabumi dan sekitarnya juga diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan M 4,9. BMKG/DaryonoSelasa (8/9/2020) pukul 9.06 WIB, wilayah Sukabumi dan sekitarnya juga diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan M 4,9.

KOMPAS.com - Selasa (8/9/2020) pukul 9.06 WIB, wilayah Sukabumi dan sekitarnya juga diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan M 4,9.

Menurut Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 7,8 LS dan 106,5 BT.

Tepatnya berada di laut pada jarak 90 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Selalu Waspada, Jawa Barat adalah Daerah Paling Aktif Gempa di Pulau Jawa

Daryono mengungkap, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat sesar aktif di dasar laut.

"Ada dugaan bahwa gempa ini dipicu aktivitas Sesar Cipamingkis yang meners ke laut," kata Daryono kepada Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Dugaan itu berdasar fakta beberapa tahun terakhir Sesar Cipamingkis mengalami peningkatan aktivitas kegempaan.

Dampak gempa pagi ini berdasarkan laporan masyarakat, dirasakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan skala intensitas III MMI.

Gempa dengan skala intensitas III MMI, getarannya dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan ada truk berlalu.

Daryono juga menyampaikan, beberapa warga Sukabumi mengaku kendaraan bermotor yang diparkir ikut bergoyang dan beberapa orang lari ke luar rumah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X