Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,9 Guncang Maluku Utara, Getaran Kuat di Ternate

Kompas.com - 06/09/2020, 11:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo M 5,9 mengguncang wilayah Maluku Utara pagi ini pukul 07.21 WIB, Minggu (6/9/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 6,0.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc menyebutkan bahwa gempabumi ini terletak pada koordinat 1,78 LU dan 126,64 BT.

Baca juga: 5 Fakta Gempa Agustus 2020, Terjadi 804 Kali dan Ada Lindu Kembar

Lokasi tepatnya gempa bumi itu berada di laut pada jarak 121 kilometer arah Barat Laut Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 59 kilometer.

Rahmat berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," kata Rahmat.

Kendati lokasi gempa bumi ini berada di laut, tetapi tidak ada potensi tsunami yang ditunjukkan hasil pemodelan BMKG.

Tetapi, dampak dari guncangan gempa bumi ini dirasakan dengan skala intensitas yang bervariasi di sejumlah wilayah sekitar lokasi pusat gempa.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di wilayah Ternate, Tidore, Sofifi, Halmahera Barat, dan Halmahera Utara dengan skala intensitas getaran mencaapi III-IV MMI.

Dengan skala tersebut, getaran yang terjadi bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah dan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sementara itu, di wilayah Bitung getaran dirasakan dengan skala intensitas II-III MMI. Di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Baca juga: Gempa Hari Ini : M 5,3 Guncang Laut Banda Tak Berpotensi Tsunami

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com