Kompas.com - 01/09/2020, 08:02 WIB
Salah satu tempat terdingin di planet Bumi. Pemandangan es alam dari gunung glasier di Spitsbergen Longyearbyen Svalbard, Samudra Arktik. SHUTTERSTOCK/ginger_polina_bublikSalah satu tempat terdingin di planet Bumi. Pemandangan es alam dari gunung glasier di Spitsbergen Longyearbyen Svalbard, Samudra Arktik.


KOMPAS.com- Sekitar 20.000 tahun yang lalu, lapisan es menutupi beberapa bagian planet Bumi. Periode inilah yang kemudian disebut sebagai Zaman Es Terakhir atau juga dikenal sebagai Glasial Maksimum Terakhir (LGM).

Namun ada satu pertanyaan yang belum terpecahkan oleh peneliti yakni seberapa dingin Bumi ketika periode Zaman Es itu berlangsung?

Kini, berkat sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Nature, pertanyaan itu berhasil terurai.

Seperti dikutip dari Smithsonian, Senin (31/8/2020) peneliti menggunakan pemodelan untuk memproyeksikan suhu global rata-rata selama Zaman Es tersebut.

Baca juga: Fosil Korban Perubahan Iklim dari Zaman Es Terpendam di Bawah Kota LA

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan pemodelan, peneliti menemukan suhu global rata-rata sekitar 19.000 hingga 23.000 tahun yang lalu sekitar 6 derajat Celcius, lebih dingin dibandingkan suhu global pada abad ke-20.

Suhu global rata-rata abad ke-20 sendiri adalah 14 derajat Celcius.

"Hal itu mungkin tak terlihat seperti perbedaan besar, tetapi pada kenyataanya ini adalah perubahan besar," ungkap Jessica Tierney, peneliti dari Universitas Arizona.

Menurut Tierney, pendinginan rata-rata global 6 derajat Celcius sangat besar dan membuat dunia terlihat jauh berbeda selama periode Zaman Es.

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.