50 Planet Baru Ditemukan, Ilmuwan Gunakan AI untuk Gali Data NASA

Kompas.com - 31/08/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi artificial intelligence (AI), kecerdasan buatan digunakan ilmuwan untuk mempelajari data lama NASA. Algoritme AI telah mengkonfirmasi 50 planet baru. SHUTTERSTOCK/Phonlamai PhotoIlustrasi artificial intelligence (AI), kecerdasan buatan digunakan ilmuwan untuk mempelajari data lama NASA. Algoritme AI telah mengkonfirmasi 50 planet baru.


KOMPAS.com - Memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence ( AI), ilmuwan mendapatkan data puluhan planet baru.

Mesin yang mempelajari algoritma baru saja mengkonfirmasi keberadaan 50 planet baru dengan menggali data lama milik badan antariksa Amerika Serikat ( NASA).

Tim dari Universitas Warwick yang memberikan kumpulan data besar yang berasal dari misi Kepler NASA yang saat ini telah dihentikan dan Satelit Survei Planet Luar Angkasa Transit (TESS), serta teleskop luar angkasa yang diluncurkan pada 2018.

Dilansir dari Futurism, Senin (31/8/2020), ilmuwan mengharapkan bahwa penelitian mereka dapat membuka cara baru untuk teknik validasi planet masa depan.

Baca juga: AI Disebut Revolusi dalam Kajian Luar Angkasa, Kok Bisa?

 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah astronomi, tim mengatakan bahwa algoritme AI dapat mengkonfonfirmasi adanya 50 planet baru.

"Algoritme yang dikembangkan memungkinkan kami mendapatkan 50 kandidat planet yang melewati ambang batas dari validasi planet, meningkatkannya menjadi planet nyata," kata David Armstrong, dari departemen fisika, University of Warwick.

Kecerdasan buatan atau AI memberikan kemampuan yang canggih bagi astronom untuk memvalidasi dunia yang jauh.

Menurut Armstrong seperti dilansir dari Cnet, memvalidasi planet dapat membantu ilmuwan mengarahkan sumber dayanya ke tempat-tempat menarik di luar angkasa tanpa membuang-buang waktu di planet "palsu".

 

Halaman:


Sumber CNET,Futurism
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X