Inovasi Baru, Aspal Berbahan Sampah Plastik Dicoba di Jalan UI Depok

Kompas.com - 31/08/2020, 13:26 WIB
Ilustrasi aspal KOMPAS IMAGES / VITALIS YOGI TRISNAIlustrasi aspal

KOMPAS.com - Dalam upaya mengatasi permasalah sampah plastik, inovasi aspal berbahan sampah plastik multilayer sedang diujicobakan di jalan UI, Depok.

Seperti diketahui, permasalahan sampah yang terus meningkat jumlahnya dan berdampak buruk bagi lingkungan serta kehidupan makhlum hidup di Bumi membuat inovasi dari sampah pun semakin beragam.

Inovasi baru pembuatan aspal berbahan sampah plastik multilayer diujicoba oleh Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk PT Samudera Montaz, dan Perusahaan Konstruksi Wasco Indonesia.

Pengaspalan jalan berbahan aspal plastik multilayer ini dilakukan di Jalan Prof Dr Sumitro Djoyohadikusumo, kampus UI Depok. Area yang diaspal lebih kurang seluas 241 meter persegi, dilakukan pada Jumat (28/8/2020).

Baca juga: Viral Warga Goreng Kerupuk di Aspal, Ahli LIPI Jelaskan Mekanismenya

Pengaspalan ini merupakan bagian dari proyek percontohan pemanfaatan bahan limbah plastik bernilai rendah sebagai campuran aspal.

Total plastik yang digunakan adalah 75 kilogram sampah plastik berupa limbah kemasan mie instan.

Ahli Teknologi Polimer dari Departemen Teknik Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik UI (DTMM-FTUI) Dr Mochamad Chalid mengatakan bahwa daur ulang limbah plastik bernilai rendah sebagai bahan campuran aspal merupakan solusi efektif dan berdaya guna.

Utamanya terhadap permasalahan tumpukan limbah plastik yang menjadi masalah lingkungan di Indonesia.

"Pada sisi lain, hal ini mampu meningkatkan kualitas aspal," kata Chalid.

Untuk diketahui, dengan kompisisi yang ideal, disebutkan Chalid bahwa penambahan sampah plastik tersebut ke dalam campuran aspal ini dapat meningkatkan kualitas stabilitas jalan hingga 40 persen.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X