Kompas.com - 29/08/2020, 18:38 WIB

KOMPAS.com - Aktor Hollywood, Chadwick Boseman, dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (29/8/2020) waktu setempat. Sebelum meninggal, berat badan Chadwick Boseman disebut sempat turun hingga 23 kilogram karena penyakit kanker usus yang dideritanya.

Penurunan berat badan memang bisa menjadi tanda atau gejala kanker usus. Selain itu, gejala kanker usus juga bisa berupa perubahan kebiasaan buang air besar yang terus-menerus, termasuk diare,sembelit atau perubahan konsistensi tinja.

Lalu, pendarahan rektal atau darah di tinja, dan gangguan perut terus-menerus, seperti kram, gas, atau nyeri, dan perasaan bahwa usus Anda tidak kosong sepenuhnya

Dilansir dari Mayo Clinic, para dokter sampai saat ini belum mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan kanker usus besar.

Baca juga: Adakah Peringatan Dini Munculnya Kanker Usus Besar?

Pada umumnya, kanker usus besar dimulai ketika sel-sel sehat di usus besar mengalami perubahan (mutasi) pada DNA mereka. DNA sel berisi serangkaian instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

Sel-sel sehat tumbuh dan membelah secara teratur agar tubuh tetap berfungsi normal. Namun, ketika DNA sel rusak dan menjadi kanker, sel terus membelah bahkan ketika sel baru tidak diperlukan. Alhasil, sel menumpuk dan membentuk tumor.

Seiring waktu, sel kanker dapat tumbuh menyerang dan menghancurkan jaringan normal di sekitarnya. Dan sel kanker dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh untuk membentuk endapan di sana (metastasis).

Faktor atau risiko yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, seperti riwayat keluarga yang memiliki kanker usus, diabetes, usia di atas 50 tahun, memiliki kondisi radang usus, dan riwayat pribadi kanker kolorektal.

Selain itu, gaya hidup yang tidak banyak gerak, obesitas, merokok, mengkonsumsi alkohol, melakukan diet rendah serat dan tinggi lemak juga bisa menjadi faktor risiko. Di luar itu, ras Afrika-Amerika ditemukan memiliki risiko lebih besar terkena kanker usus besar daripada ras lainnya.

Baca juga: Mengenal CAFs, Penyebab Awal Kanker Usus Besar Menyebar

Bagaimana cara mencegahnya?

Dokter merekomendasikan kebanyakan orang untuk mempertimbangkan skrining kanker usus besar pada sekitar usia 50 tahun.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.