Kompas.com - 28/08/2020, 09:03 WIB
Ilustrasi orangutan. PIXABAYIlustrasi orangutan.

KOMPAS.com - Manusia bukan satu-satunya spesies yang menghadapi potensi ancaman Covid-19.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of California, Davis menyebut bahwa hewan pun rentan terhadap virus corona.

Dalam studinya, tim peneliti menggunakan analisis genom dari 410 spesies vertebrata yang berbeda. Termasuk di dalamnya adalah burung, ikan, amfibi, reptil, dan mamalia.

Seperti dikutip dari Science Daily, Kamis (27/8/2020) hasil analisis peneliti menemukan sekitar 40 persen spesies terancam punah justru masuk daftar sebagai hewan yang rentan terinfeksi virus corona.

Baca juga: Populasi Orangutan Indonesia Kritis, Bagaimana Melindunginya di Alam?

Beberapa spesies primata yang diperkirakan berisiko sangat tinggi tertular Covid-19 melalui reseptor ACE2 di antaranya Gorila dataran rendah Barat, Orangutan Sumatera, dan Siamang Pipi Putih Bagian Utara.

Sementara itu mamalia laut juga tak luput sebagai hewan yang juga berisiko tinggi terinfeksi corona, termasuk paus abu-abu dan lumba-lumba hidung botol.

Berhubung potensi hewan untuk tertular virus berasal dari manusia atau sebaliknya, beberapa pihak seperti Kebun Binatang Nasional dan Kebun Binatang San Diego pun menyumbangkan genom hewan untuk membantu penelitian.

Tujuannya tentu saja untuk memperkuat program perlindungan hewan dan manusia.

"Informasi baru ini memungkinkan kami untuk fokus dalam membuat rencana yang sesuai untuk menjaga keamanan hewan dan manusia," ungkap Klaus-Peter Koepfli, salah satu peneliti dalam studi ini.

Peneliti juga menambahkan hewan peliharaan seperti kucing, sapi, dan domba memiliki risiko terinfeksi sedang. Sedangkan pada anjing, kuda, dan babi peneliti menemukan risiko rendah infeksi virus corona.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.