Selain Indonesia Negara-negara Ini Izinkan Bioskop Dibuka, Bagaimana Protokolnya?

Kompas.com - 27/08/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi menonton film di bioskop di tengah pandemi virus corona. Sesuai protokol kesehatan di bioskop aturan menjaga jarak diterapkan untuk menghindari potensi penularan Covid-19. SHUTTERSTOCK/Melinda NagyIlustrasi menonton film di bioskop di tengah pandemi virus corona. Sesuai protokol kesehatan di bioskop aturan menjaga jarak diterapkan untuk menghindari potensi penularan Covid-19.


KOMPAS.com - Gugus Tugas Covid-19 akhirnya mengumumkan bioskop dapat kembali beroperasi di tengah pandemi saat ini.

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (26/8/2020), Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut bioskop dapat berkontribusi untuk meningkatkan imunitas masyarakat yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

Kendati demikian, lampu hijau beroperasinya kembali bioskop masih cukup dikhawatirkan banyak pihak, sebab saat ini angka kasus infeksi virus corona di Indonesia masih cukup tinggi dan terus meningkat.

Namun, tidak hanya Indonesia yang telah memberi izin agar bioskop dibuka lagi. Sejumlah negara juga sudah lebih dulu mengizinkan pengusaha bioskop untuk kembali beroperasi, di antaranya sebagai berikut.

Baca juga: Bioskop Dibuka Bisa Tingkatkan Imunitas, Ahli Sebut Tak Ada Hubungannya

 

1. China

Wabah virus corona kali pertama merebak di kota Wuhan, China. Seiring itu, angka kasus infeksi virus yang kemudian disebut sebagai SARS-CoV-2 ini terus meningkat pesat dan menjadikan China sebagai episentrum Covid-19 di dunia.

Negara ini pun sempat mengeluarkan kebijakan penguncian atau lockdown selama enam bulan. Masyarakat China bahkan tidak diizinkan keluar dari rumah.

Seluruh aktivitas warga terhenti, pabrik, perkantoran, sekolah, kampus hingga fasilitas tempat hiburan, tak terkecuali bioskop ditutup.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mengendalikan virus corona baru agar tidak semakin menyebar luas.

Baca juga: FKUI Imbau DKI Tunda Buka Bioskop hingga Waktu yang Belum Ditentukan

 

Namun, Juli lalu, seperti dilansir dari BBC, Kamis (27/8/2020), bioskop di China kembali dibuka, terutama di wilayah berisiko rendah.

Dibukanya kembali bioskop di negara ini, tetap mengikuti aturan yang ketat, berikut protokol kesehatan di bioskop di China.

  • Pembatasan pengunjung, 30 persen dari kapasitas yang ada
  • Jumlah film yang diputar dibatasi 50 persen dari volume sebelumnya
  • Suhu tubuh pengunjung diukur
  • Masker selalu dikenakan, baik oleh pengunjung maupun staf bioskop
  • Makan dan minum tidak diizinkan disajikan di bioskop
  • Tiket dibeli atau dipesan secara online

Halaman:


Sumber CNN,BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X